Pimpin Apel Gelar Pasukan Ops Ketupat Ranakah 2021, Kapolda NTT : Tidak Lakukan Takbir Keliling

secara serentak seluruh Indonesia, mulai dari tingkat Mabes Polri hingga kesatuan kewilayahan dengan tetap mematuhi protokol kesehatan. 

Penulis: Ray Rebon | Editor: Rosalina Woso
POS KUPANG.COM/RAY REBON
Kapolda NTT didampingi Danrem 161/WS saat melaksanakan Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Ranakah Tahun 2021 dalam rangka pengamanan hari raya Idul Fitri 1442 H, Rabu 5 Mei 2021. 

Pimpin Apel Gelar Pasukan Ops Ketupat Ranakah 2021, Kapolda Ingatkan Masyarakat Tidak Lakukan Takbir Keliling

POS-KUPANG.COM | KUPANG--Jajaran Kepolisian Daerah (Polda) Nusa Tenggara Timur menggelar Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Ranakah Tahun 2021 dalam rangka pengamanan hari raya Idul Fitri 1442, Rabu 5 Mei 2021 sore.

Hadir mendampingi Kapolda NTT Dandrem 161/ Wirasakti Brigjen TNI Legowo W. R. Jatmiko, Kabinda NTT Brigjen TNI Adrianus San, S.Sos, Wadanlantamal VII Kupang.

Apel gelar pasukan ini diselenggarakan secara serentak seluruh Indonesia, mulai dari tingkat Mabes Polri hingga kesatuan kewilayahan dengan tetap mematuhi protokol kesehatan. 

Kegiatan ini dilaksanakan sebagai bentuk pengecekan akhir kesiapan pelaksanaan Operasi Ketupat-2021 dalam rangka pengamanan hari raya Idul Fitri 1442 H, baik pada aspek personel maupun sarana prasarana, serta keterlibatan unsur terkait seperti TNI, Pemda, dan mitra kamtibmas lainnya.

Baca juga: Patroli Kemanusiaan, Kapolda NTT Bagi Bansos Bagi Warga Terdampak Bencana

Menjelang hari raya Idul Fitri 1442 H tren kasus Covid-19 di Indonesia mengalami kenaikan sebesar 2,03%. 

Hal ini disebabkan karena adanya peningkatan aktifitas masyarakat khususnya menjelang akhir bulan suci Ramadhan dan hari raya Idul Fitri.

Berkaitan dengan hal tersebut, Pemerintah telah mengambil kebijakan larangan mudik pada hari raya Idul Fitri 1442 H. 

POS-KUPANG.COM/RAYREBON


Foto kiriman Humas Polda NTT

Kapolda NTT bersama rombongan saat berkunjung ke Masjid Agung Al Baitul Qadim, Kelurahan Naimata, Kota Kupang, Minggu (2/5/2021). 
 
 
 
 
POS-KUPANG.COM/RAYREBON Foto kiriman Humas Polda NTT Kapolda NTT bersama rombongan saat berkunjung ke Masjid Agung Al Baitul Qadim, Kelurahan Naimata, Kota Kupang, Minggu (2/5/2021).          (Kapolda NTT bersama rombongan saat berkunjung k)

Ini merupakan tahun kedua Pemerintah mengambil kebijakan tersebut karena situasi pandemi Covid-19.

“Hari raya Idul Fitri 1442 H dirayakan oleh mayoritas masyarakat Indonesia. Peningkatan aktifitas masyarakat akan terjadi dalam bentuk kegiatan ibadah dan kegiatan masyarakat di sentra-sentra ekonomi, destinasi pariwisata, serta kegiatan budaya seperti takbir keliling dan halal bi halal," kata Kapolda

"Hal ini tentu saja sangat berpotensi menimbulkan gangguan kamtibmas, gangguan kamseltibcar lantas, dan pelanggaran protokol kesehatan Covid-19. Oleh karena itu, Polri menyelenggarakan Operasi Ketupat-2021 yang akan dilaksanakan selama 12 hari, mulai dari tanggal 6 sampai dengan 17 Mei 2021," sambung Kapolda NTT Irjen Pol. Drs. Lotharia Latif, S.H., M.Hum membawakan amanat Kapolri Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si.

Dalam pelaksanaan Operasi Ketupat-2021, jumlah personel yang terlibat sebanyak 155.005 pers gabungan terdiri atas 90.592 personel Polri, 11.533 personel TNI serta 52.880 personel instansi terkait lainnya seperti satuan Polisi Pamong Praja, Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan, pramuka, Jasa Raharja dan lain-lain.

Baca juga: Serah Jabatan Kapolres, Kapolda NTT: Belajar Dari Mereka Tentang Arti Sebuah Pengabdian & Loyalitas

Personel tersebut akan ditempatkan pada 381 pos penyekatan untuk mengantisipasi masyarakat yang masih berniat dan akan melaksanakan mudik, 1.536 pos pengamanan. Untuk melaksanakan pengamanan terkait gangguan kamtibmas dan kamseltibcar lantas, serta 596 pos pelayanan dan 180 pos terpadu untuk melaksanakan pengamanan di pusat keramaian, pusat belanja, stasiun, terminal, bandara, pelabuhan, tempat wisata, dll.

Prioritaskan langkah-langkah preemtif dan preventif secara humanis.

Halaman
12
Sumber: Pos Kupang
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved