Breaking News:

Ramadan 2021

Minimalisir Penyebaran Covid-19 di Kabupaten Ende, Umat Muslim Sholat Idul Fitri di Masjid

Kebijakan ini diterapkan dalam rangka menekan laju penyebaran dan peningkatan kasus virus Corona di Kabupaten Ende.

POS KUPANG.COM/LAUS MARKUS GOTO
Bupati Ende Djafar Achmad rapat terbatas dengan Pimpinan Organisasi Islam  Kabupaten Ende di ruang kerja Bupati Rabu, 5 Mei 2021. 

Minimalisir Penyebaran Covid-19 Umat Muslim Ende Sholat Idul Fitri di Masjid

POS-KUPANG.COM | ENDE -- Pelaksanaan Sholat Idul Fitri 1442 H di Kabupaten Ende, Nusa Tenggara Timur (NTT), tidak dilakukan secara berjemaah. Tahun - tahun sebelumnya Sholat Idul Fitri dilakukan berjemaah, terpusat di Lapangan Pancasila, Kota Ende.

Tahun ini, Sholat Idul Fitri hanya akan dilaksanakan di Masjid - masjid tempat pelaksanaan ibadah Sholat Jumat. Kebijakan ini diterapkan dalam rangka menekan laju penyebaran dan peningkatan kasus virus Corona di Kabupaten Ende.

Kepastian pelaksanaan Sholat Idul Fitri di Masjid-masjid yang ada di Kabupaten Ende terungkap pada rapat terbatas dengan Pimpinan Organisasi Islam  Kabupaten Ende bersama Bupati Djafar Achmad  di ruang kerja Bupati Rabu, 5 Mei 2021.

Baca juga: Semarak Ramadan 2021, Pimpinan Daerah Aisyiyah Kota Kupang Gelar Dapur Ta’jil ‘Aisyiyah

Bupati Djafar Achmad yang memimpin jalannya rapat tersebut mengatakan, kebijakan dan kesepakatan antara pemerintah dengan pimpinan Organisasi Islam terkait peralihan Sholat Idul Fitri dari lapangan Pancasila ke Masjid-masjid guna mencegah terjadinya peningkatan penyebaran covid-19 di wilayah kabupaten Ende.

Menanggapi permintaan dari salah satu Majelis Ta'lim agar pemerintah membantu menyediakan masker, Bupati Djafar mengatakan, pemerintah Kabupaten Ende akan mendukung penuh pelaksanaan solad Ied di masjid-masjid terutama dengan menyediakan masker serta alat pengukur suhu tubuh.

Peserta sedang menunggu giliran untuk dipanggil mengikuti perlombaan di acara gebyar Ramadhan Desa Terewang kabupaten Alor.
Peserta sedang menunggu giliran untuk dipanggil mengikuti perlombaan di acara gebyar Ramadhan Desa Terewang kabupaten Alor. (POS-KUPANG.COM/ISTIMEWA)

"Kami pemerintah akan bantu masker dan siapkan alat pengukur suhu tubuh di Masjid-masjid dan saya minta umat Islam untuk patuhi protokol kesehatan selama laksanakan solat Ied" ujar bupati Djafar.

Bupati Djafar juga berharap bantuan dan dukungan dari tokoh agama untuk memberikan pemahaman kepada umat Islam terkait peralihan pelaksanaan solat Ied dari lapangan Pancasila  ke masjid.

Baca juga: Mutiara Ramadan: Waspadai Kesombongan Dalam Beribadah

Pada kesempatan rapat tersebut juga disepakati bahwa untuk Idul fitri tahun ini tidak dilaksanakan pawai takbir keliling, dan takbir dilaksanakan di masjid masing-masing. (Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Oris Goti)

Penulis: Laus Markus Goti
Editor: Rosalina Woso
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved