Breaking News:

Kabag Protokol Setda Kabupaten Belu Mengerahkan Staf Untuk Perubahan

Sebagai ASN yang juga menjabat kepala bagian protokol, Cristo selalu loyal pada atasan, dispilin dan bekerja sesuai regulasi. 

Penulis: Teni Jenahas
Editor: Rosalina Woso
Teni Jenahas
Cristoforus M Loe Mau 

Kabag Protokol Belu Mengerahkan Staf Untuk Perubahan

POS KUPANG.COM| ATAMBUA--Peran humas dan protokol di lingkungan pemerintah memiliki posisi yang sangat penting dan strategis. Selain melaksanakan tugas keprotokolan, humas juga diperlukan sebagai media untuk menyampaikan informasi kepada publik tentang program, kebijakan, capaian, maupun prestasi pemerintah.

Christoforus M. Loe Mau, SE yang dipercayakan atasan untuk menakhodai Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setda Kabupaten Belu siap mengerahkan sumber daya manusia yang ada untuk melakukan perubahan sejalan dengan tekad Bupati dan Wakil Bupati Belu, dr. Taolin Agustinus, Sp.SP--Drs. Aloysius Haleserens, MM. 

Ditemui Pos Kupang.Com, Rabu (5/5/2021), pria yang kerap disapa Cristo ini mengatakan, Bagian Protokol Kabupaten Belu selalu berinovasi dalam pelaksanaan tugas dan siap bekerja "berlari" seiring dengan gaya kepemimpinan yang baru. Sebagai ASN yang juga menjabat kepala bagian protokol, Cristo selalu loyal pada atasan, dispilin dan bekerja sesuai regulasi

Alumni Widyamataram Yogyakarta ini juga terus menyesuaikan diri dengan karakter dan gaya pemimpinnya yang biasa blusukan ke masyarakat agar dalam pelaksanaan tugasnya di lapangan tidak mengalami kendala berarti. Sebagai seorang kepala, mantan Camat Kota Atambua ini terus membangun iklim kerja yang baik, team work yang solid, disiplin dan cekat dan trampil.  

Sebab, sukses tidaknya suatu acara dalam pemerintahan tergantung pada tugas protokoler. Meski ada standar protokoler yang digunakan sebagai acuan, namun di lapangan petugas protokoler harus fleksibel dan tidak boleh terlalu kaku.

Dalam kondisi tertentu, lanjut mantan camat Lamaknen ini, protokol harus fleksibel karena seringkali acara yang diatur sedemikian rupa, di lapangan tidak sesuai rencana. Disinilah dituntut seorang petugas protokol yang sigap dan cepat mengambil keputusan terbaik dengan tetap mempertimbangkan kesuksesan acara. 

Untuk menunjang keberhasilan Bupati dan Wakil Bupati, bagian protokol juga perlu berinovasi dalam memberikan informasi program dan kebijakan Pemkab Belu dengan cara yang tepat dan efektif sehingga dapat diterima dengan baik dan menyentuh seluruh lapisan masyarakat. 

Baca juga: Dinkes Kabupaten Belu Lakukan Pencegahan Dini Atasi Penyakit Menular

"Dari pesan itu diharapkan tumbuh dukungan dan semangat gotong royong dari masyarakat Kabupaten Belu untuk sama-sama membangun Rai Belu tercinta sehingga terwujudnya Belu yang Sehat, Berkarakter dan Kompetitif", ujar pria kelahiran Atambua 15 Mei 1975 ini.

Mantan Lurah Berdao ini mengutarakan, protokol juga harus memberi rasa nyaman, cepat dalam mengambil keputusan untuk mencapai kesempurnaan pada suatu acara kenegaraan serta menjaga wibawa pejabat negara dan pemerintahan.

Karena selain untuk tugas protokoler pimpinan daerah, tidak menutup kemungkinan protokol daerah juga melayani tamu-tamu dari luar negeri, apalagi posisi Kabupaten Belu berada di perbatasan dengan Negara Timor Leste.

Staf protokol juga harus cakap dalam berinteraksi baik dalam bertutur kata, berpakaian maupun tingkah laku atau sikap. Hal ini sebagai wujud membangun dan memelihara kepercayaan publik serta menjalin hubungan baik dengan stakeholder maupun kelompok masyarakat lainnya. 

Baca juga: Virus Corona Renggut 23 Nyawa Warga di Kabupaten Belu

Menurut Cristo, dalam menakhodai bagian protokol, ia selalu membuka diri dan memberikan ruang kepada staf untuk berpendapat demi memperbaiki hal-hal yang masih kurang dan juga sebagai ruang evaluasi kinerja. Hal seperti ini sudah biasa ia lakukakn sajak menjabat sebagai kepala seksi, lurah dan camat. 

"Jangan ciptakan kotak-kotak bagi bawahan bahwa itu anak emas atau perunggu dll. Semua sama. Kita saling memberikan masukan demi menyempurnakan pkerjaan kita", tutur Cristo yang juga selaku jubir Satgas Penangan Covid-19 Kabupaten Belu. (Laporan Reporter POS KUPANG.COM,Teni Jenahas).

Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved