Breaking News:

Jadi Inspektur Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat 2021, Wakil Bupati Ngada Bacakan Amanat Kapolri

personel bentuk maupun sarana prasarana, serta keterlibatan unsur terkait seperti TNI, Pemda, dan mitra kamtibmas lainnya.

POS-KUPANG.COM/TOMMY MBENU NULANGI
Wakil Bupati Kabupaten Ngada, Raymundus Bena saat menyematkan pita tanda operasi kepada perwakilan personil operasi ketupat 2021 di Lapangan Mapolres Ngada, Rabu 5 Mei 2021.   

Jadi Inspektur Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat 2021, Wakil Bupati Ngada Bacakan Amanat Kapolri

POS-KUPANG.COM | BAJAWA--Polres Ngada menggelar apel gelar pasukan dalam rangka operasi ketupat 2021 menjelang Hari Raya Idul Fitri 1442 H/2021 M, bertempat di lapangan Apel Mapolres Ngada pada, Rabu 5 Mei 2021.

Aepl gelar pasukan tersebut dihadiri oleh Wakil Bupati Ngada Raymundus Bena, Dandim 1625/Ngada Letkol Czi Luqman Nur Hakim, Kapolres Ngada AKBP Rio Cahyowidi serta pejabat dari dari Instansi terkait.

Peserta Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat 2021 tingkat Polres Ngada diikuti oleh Satu SST Pasukan Kodim 1625/Ngada, Satu SSK Anggota Polres Ngada, Satu SST Satpol PP Kabupaten Ngada, Satu SST Dinas Perhubungan Kabupaten Ngada. Tampil sebagai Komandan Apel Ipda Juliardi Sinambela, S.H.

Wakil Bupati Ngada Raymundus Bena tampil sebagai inspektur apel gelar pasukan operasi ketupat 2021 tingkat Polres Ngada membacakan amanat Kapolri Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si

Baca juga: Wakil Bupati Ngada, Raymundus Bena Resmikan SMK Negeri I Wolomeze

Wabub Raymundus saat membacakan amanat Kapolri mengatakan, apel gelar pasukan ini dilaksanakan sebagai pengecekan akhir kesiapan pelaksanaan operasi Ketupat tahun 2021dalam rangka pengamanan hari raya Idul Fitri 1442 H, baik pada aspek personel bentuk maupun sarana prasarana, serta keterlibatan unsur terkait seperti TNI, Pemda, dan mitra kamtibmas lainnya.

"Operasi Ketupat 2021 akan dilaksanakan selama 12 hari, mulai dari tanggal 6 sampai dengan 17 Mei 2021," ungkapnya.

Wakil Bupati Ngada, Raymundus Bena memberi brosur penerimaan siswa baru kepada perwakilan siswa di Aula Desa Nginamanu, Kamis 29 April 2021.
Wakil Bupati Ngada, Raymundus Bena memberi brosur penerimaan siswa baru kepada perwakilan siswa di Aula Desa Nginamanu, Kamis 29 April 2021. (POS KUPANG.COM/THOMAS MBENU NULANGI)

Raymundus mengungkapkan, semangat yang akan ditanamkan dalam operasi ketupat 2021 adalah upaya kepolisian dalam mencegah penyebaran Covid-19 melalui penegakan terhadap protokol kesehatan.

"Prioritaskan langkah-langkah  preventif secara humanis, sehingga masyarakat betul-betul mematuhi protokol kesehatan," ujarnya.

Baca juga: Bahas Penerapannya, BPJS Ketenagakerjaan NTT Temui Bupati dan Wakil Bupati Ngada

Dalam pelaksaaan operasi, kata Raymundus, polisi agar mendirikan posko terpadu bersama dengan Satgas Covid-19 dan stakeholder terkait yang memiliki kelengkapan pemeriksaan swab qntigen dan ruang isolasi sementara di sentra-sentra ekonomi.

Selain itu, terus melaksanakan patroli gabungan secara periodik untuk memastikan tidak terjadinya kerumunan di sentra perekonomian dan keramaian serta berkoordinasi dengan satgas covid dalam rangka untuk melaksanakan swab antigen secara acak dan melakukan pembagian masker.

Bupati Ngada, Paru Andreas menerima santunan atas nama ahli waris Theresia Bhute senilai Rp. 42 juta dari BPJS Ketenagakerjaan di ruang kerjannya, Kamis 29 April 2021
Bupati Ngada, Paru Andreas menerima santunan atas nama ahli waris Theresia Bhute senilai Rp. 42 juta dari BPJS Ketenagakerjaan di ruang kerjannya, Kamis 29 April 2021 (POS-KUPANG.COM/ISTIMEWA)

Lanjut Raymundus, melakukan upaya penegakan hukum protokol kesehatan dengan tim pemburu covid dan melakukan penertiban kerumunan dengan memberikan sanksi berupa teguran, lisan, fisik maupun denda administratif.

Baca juga: Pansus DPRD Ngada Hasilkan 96 Rekomendasi Terhadap LKPJ Bupati Ngada Tahun 2020

"Khusus kepada wilayah yang menerapkan PPKM Mikro, agar memperkuat peran dan fungsi Posko PPKM Mikro, sepertí kewajiban untuk melapor bagi tamu, memastikan pelaksanaan isolasi mandiri bagi tamu, mengecek ketersediaan alat Swab antigen," ungkapnya.

Pada wilayah zona merah dan orange, tegas Raymundus, lakukan koordinasi dengan Satgas Covid-19 untuk menutup tempat wisata dan tempat umum lainnya yang tidak esensial.

Pada kesempatan itu, Wabub Raymundus mengucapkan terima kasih dan penghargaan kepada seluruh personel dan semua pihak yang telah berpartisipasi aktif dalam pelaksanaan Operasi Ketupat 2021 tingkat Polres Ngada  dalam rangka pengamanan hari raya Idul Fitri 1442 H diwilayah Kabupaten  Ngada. (Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Tommy Mbenu Nulangi)

Penulis: Thomas Mbenu Nulangi
Editor: Rosalina Woso
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved