Breaking News:

Penanganan Covid

Update Corona Sumba Timur - Pemda Sumba Timur Kirim 56 Sampel ke Kupang, Simak Beritanya

Update Corona Sumba Timur - Pemda Sumba Timur Kirim 56 Sampel ke Kupang, Simak Beritanya

POS-KUPANG.COM/Oby Lewanmeru
dr. Chrisnawan Try Haryantana 

Update Corona Sumba Timur - Pemda Sumba Timur Kirim 56 Sampel ke Kupang, Simak Beritanya

Laporan Reporter POS -KUPANG.COM, Oby Lewanmeru

POS-KUPANG.COM/WAINGAPU - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumba Timur melalui Satuan Tugas  Penanganan Corona Virus Disease (Covid-19) mengirim  56 sampel swab ke Kupang. Sampel atau spesimen swab ini dikirim untuk diperiksa di Laboratorium Biologi Molekuler RSUD Prof WZ Johannes Kupang.

Informasi yang diperoleh, Rabu     (5/5/2021 menyebutkan, Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Sumba Timur telah mengirim sampel swab untuk diperiksa secara Polymerase Chain Reaction (PCR) di  Kupang. Jumlah sampel yang dikirim sebanyak 56 sampel.  Sampel-sampel ini merupakan sampel hasil pelacakan kontak erat dengan pasien positif Covid-19 di Sumba Timur.

Sementara data dari Posko Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Sumba menyebutkan, total sampel yang diambil untuk diperiksa baik secara  PCR, Tes Cepat Molekuler (TCM) dan juga rapid Antigen sampai saat ini sebanyak 7.771 sampel. 

Sampel itu terdiri dari sampel yang akan diperiksa secara PCR dam TCM sebanyak 3.564 sampel dan sampel yang diperiksa secara rapid antigen sebanyak 4.207 sampel, sehingga total sampel yang diambil 7.771 sampel.

Dari jumlah itu 7.771 ,terdapat 5.756  sampel negatif dan sebanyak 1.959 sampel positif. Sedangkan sampel yang belum ada hasil sebanyak 56 sampel, yakni sampel yang dikirim ke Kupang untuk diperiksa secara PCR.

 Total kasus positif Covid-19 di Sumba Timur sampai saat ini sebanyak 1.252 kasus,   894  kasus sembuh, 39  kasus meninggal dunia dan 319 kasus masih dirawat.

Informasi lain yang diperoleh bahwa selain kasus baru bertambah, kasus kematian pasien positif Covid-19 juga terus bertambah sejak April hingga Mei 2021. 

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sumba Timur, dr. Chrisnawan Try Haryantana mengakui, Satgas Penanganan Covid-19 telah mengirim lagi 56 spesimen swab ke Kupang.

Baca juga: Greg Nwokolo Bakal Gabung Rans Cilegon Duet Cristian Gonzales dan Syamsir Alam ? Info Sport Terbaru

Dikatakan, adanya kenaikan kasus positif Covid-19 dam juga kasus kematian, maka pemerintah terus meminta masyarakat agar tertib terutama dalam penerapan protokol kesehatan.

Chrisnawan juga tetap meminta masyarakat untuk lakukan pencegahan penyebaran Covid-19, yakni dengan taat melakukan protokol kesehatan, yaitu  memakai masker, mencuci tangan dan tetap menjaga jarak.

"Selalu saya sampaikan bahwa ketaatan terhadap protokol kesehatan bisa membuat kita terhindar dari kasus Covid-19. Kuncinya di protokol kesehatan," kata Chrisnawan. *)

Baca juga: Jelang Idul Fitri, Simak Pembahasan Pemkot dan MUI Terkait Penerapan Prokes

Baca juga: Vaksinasi Masih Rendah,Pemkot dan Forkompinda Tingkatkan Sinergi Penanggulangan Covid diKota Kupang

dr. Chrisnawan Try Haryantana , Sekretaris Dinas Kesehatan Sumba Timur, Tinus Ndjurumbaha,S.KM dan Kabid P2P, Jonker Telnoni, S.KM saat memberikan keterangan pers terkait perkembangan Covid-19 di Sumba Timur
 
dr. Chrisnawan Try Haryantana , Sekretaris Dinas Kesehatan Sumba Timur, Tinus Ndjurumbaha,S.KM dan Kabid P2P, Jonker Telnoni, S.KM saat memberikan keterangan pers terkait perkembangan Covid-19 di Sumba Timur   (POS-KUPANG.COM/OBY LEWANMERU)

Catatan Redaksi:
Bersama-kita lawan virus corona. POS-KUPANG.COM mengajak seluruh pembaca untuk selalu menerapkan protokol kesehatan dalam setiap kegiatan. Ingat pesan ibu, 3M:
Wajib memakai masker,
Wajib menjaga jarak dan menghindari kerumunan
Wajib mencuci tangan dengan sabun 

Penulis: Oby Lewanmeru
Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved