Breaking News:

Siap Amankan Idul Fitri, Polres Manggarai Bangun Pos-Pos Pemantau Mudik

Melalui Operasi Ketupat Ranaka 2021, pihak Kepolisian dari Polres Manggarai siap mengamankan libur lebaran idul Fitri. Pihak Polres membangun sejumlah

POS-KUPANG.COM/ROBERT ROPO
Kabag Ops Polres Manggarai, AKP Burhanudin. 

Siap Amankan Idul Fitri, Polres Manggarai Bangun Pos-Pos Pemantau Mudik

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Robert Ropo 

 POS-KUPANG.COM | RUTENG---Melalui Operasi Ketupat Ranaka 2021, pihak Kepolisian dari Polres Manggarai siap mengamankan libur lebaran idul Fitri. Pihak Polres membangun sejumlah pos Pemantau Mudik.

Kapolres Manggarai, AKBP Mas Anton Widyodigdo, SH.,S.IK, melalui Kabag Ops Polres Manggarai, AKP Burhanudin, menyampaikan itu kepada POS-KUPANG.COM, Rabu (5/5/2021) siang.

Burhanudin juga menjelaskan, pihaknya melibatkan 37 personil anggota Polres Manggarai untuk Penanganan operasi Ketupat Ranaka Tahun 2021 dan dibantu oleh TNI, Dinas Perhubungan, Sat Pol PP, Dinas Kesehatan.

Anggota Tim Gabungan ini akan ditempatkan di Pos Pemantau Mudik di Terminal Bus Mena dan Terminal Bus Carep serta Pos Pantau Mudik di Pelabuhan Reo, di Kecamatan Reok. Khusus di Pos Pantau Mudik Reo, akan ditempatkan anggota Polsek Reo, Pol Air, TNI, anggota Syahbandar Pelabuhan dan sejumlah anggota dari Instansi terkait lainya.

"jadi pembangunan Pos Pemantauan di Pelabuhan Reo, karena disitu ada arus transportasi kapal laut keluar masuk dari sejumlah daerah seperti di NTB,"jelas Burhanudin.

Burhanudin juga mengatakan, selain itu pihaknya juga melakukan operasi pengamanan di tempat-tempat wisata. Pihaknya juga membangun dan menempatkan personil di satu Pos Safarai Pemantau Covid-19 di Kota Ruteng depan masjid.  

Terkait kendaraan yang melintas di Pos Pemantauan, Kata Burhanudin, anggota akan melakukan pengecekan, jika ditemukan ada penumpang yang hendak mudik diberikan imbauan secara humanis dan diminta agar pulang untuk tidak melanjutkan perjalanan mudik, karena berpotensi akan membawa virus Covid-19, termasuk yang melakukan mudik dari daerah lain masuk ke wilayah Manggarai juga dicatat alamatnya guna gampang dilakukan pemantauan.

"Mulai besok tanggal 6-17 Mei 2021 ada larangan mudik berdasarkan instruksi pemerintah pusat. Karena itu diminta kepada seluruh masyarakat Manggarai untuk tidak melakukan mudik,"kata Burhanudin.

Lanjut Burhanudin, pada pelaksanaan sholat Id juga pihaknya akan melakukan pengamanan. Namun pihaknya masih melakukan koordinasi dengan PHBI guna sholat Id dilakukan di Lapangan Motang Rua supaya gampang pengaturan Prokes, selain lapanganya terbuka dan luas.

Baca juga: Info Sport: Ini Sebuah Pilihan, Man City Tunggu Lawan di Final, Antara Chelsea atau Real Madrid ?

"Terkait sholat Id ini, kita masih melakukan koordinasi karena informasinya sholat Id katanya dilaksanakan di mesjid Baiturrahman. Kita akan koordinasi supaya sholat id dilaksanakan di lapangan Motang Rua, untuk gampang dilakukan pengaturan Prokes Covid-19, sebab jika di Mesjid tentu sulit untuk mengatur terkait masuk keluar umat karena lokasinya sempit,"jelas Burhanudin. (*)

Baca juga: Begini Suasana H-1 Larangan Mudik, Prediksi Penumpang Mudik di Bandara El Tari 2.200 Penumpang

Kabag Ops Polres Manggarai, AKP Burhanudin.
Kabag Ops Polres Manggarai, AKP Burhanudin. (POS-KUPANG.COM/ROBERT ROPO)
Penulis: Robert Ropo
Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved