Breaking News:

Perketat Pintu Pelabuhan, Syahbandar Maumere Bangun Posko dan Awasi Penumpang Mudik

Pihak Syahbandar Maumere akan memperketat pintu masuk penumpang melalui jalur laur di Pelabuhan Lorens Say Maumere

POS-KUPANG.COM/ARIS NINU
PELABUHAN-Pelabuhan Lorens Say Maumere 

POS-KUPANG.COM | MAUMERE-Pihak Syahbandar Maumere akan memperketat pintu masuk penumpang melalui jalur laur di Pelabuhan Lorens Say Maumere.

Pihak syahbandar pun telah membangun posko pengamanan di pintu masuk dan keluar pelabuhan guna mengawasi penumpang yang akan mudik ke Maumere menggunakan kapal Pelni.

Yang mana sesuai ketentuan dan edaran dari Kementerian Perhubungan RI penumpang yang bisa mudik adalah ASN yang sedang melaksanakan tugas, TNI, Polri, petugas kesehatan dan orang sakit.

Kalau ada penumpang yang mau mudik harus ada rekomendasi dari pelabuhan asal misalnya kembali karena keluarga sakit dan meninggal dunia.

Baca juga: Di Sumba Barat 424 Pasien Positip Corona Dinyatakan Sembuh

Baca juga: Kunjungi Korban Bencana NTT, Ketua Umum PP GMKI Salurkan Bantuan Aksi Solidaritas GMKI Se Indonesia

Pelabuhan Maumere sebagai pelabuhan singgah akan melihat rekomendasi penumpang dari pelabuhan asal misalnya dari Makassar ke Maumere dan Kalimatan ke Maumere.

"Jika tidak ada rekomendasi tentunya dari pelabuhan asal tentu tidak mengijinkan. Kami sudah menggelar rapat menindaklanjuti edaran pusat termasuk rapat bersama Kapolres Sikka dan Pemkab Sikka di Aula Kantor Polres Sikka, Selasa (4/5/2021) pagi. Kami akan tetap awasi. Dalam pekan ini ada kapal pelni yang masuk kami akan awasi. Perlu sampaikan kapal tetap beroperasi mengangkut barang dan penumpang. Tetapi khusus penumpang kami akan awasi ketat.Selain ASN, TNI, Polri dan petugas kesehatan tentunya akan kami cek rekomendasi dari pelabuhan asal," ujar Kepala Syahbandar Maumere, Jhon Ola kepada POS-KUPANG.COM di Maumere, Rabu (5/5/2021) siang.

Ia menjelaskan, khusus kapal perintis yang melayani penumpang antar pulau tetap beroperasi dan memperhatikan protokol kesehatan.

Baca juga: Siswa SMPK Frater Maumere Torehkan Prestasi Membanggakan

Baca juga: Indonesia Kembali Terancam,Varian Baru Corona dari Inggris, India dan Afrika Selatan Masuk Tanah air

"Kapal perintis yang melayani daerah terluar dan terpencil di Kabupaten Sikka tetap beroperasi. Yang kita awasi penumpangt dari luar Sikka yang datang ke Maumere," ujarnya.

Ia menjelaskan, proses dan persiapan serta tahapan pemeriksaan dari pra lebaran, mudik dan sesudah lebaran sudah kami antisipasi," papar Jhon.

Ia menegaskan, pihaknya akan terus membangun koordinasi dengan instansi lain di Sikka dalam rangka pengamanan Idul Fitri di Posko Syahbandar Mauemere.(Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Aris Ninu)

Berita Kabupaten Sikka

Penulis: Aris Ninu
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved