Breaking News:

Hakim Tegur Pengacara Rizieq Shihab yang Putar Video Presiden Jokowi di Maumere: Ini Salah Sasaran

Selain agenda sidang kasus kerumunan terdakwa Habib Rizieq Shihab hari ini, Rabu 5 Mei 2021, sidang juga telah dilaksanakan hari sebelumnya.

Tribunnews.com
Habib Rizieq Shihab saat diperiksa kesehatan oleh polisi di Rumah Tahanan Polda Metro Jaya, Jakarta Selatan. 

POS-KUPANG.COM, JAKARTA - Selain agenda sidang dalam kasus kerumunan dengan Habib Rizieq Shihab sebagai terdakwa, dilaksanakan hari ini, Rabu 5 Mei 2021, sidang kasus itu juga telah digelar pada Senin 3 Mei 2021.

Sidang lanjutan pada 3 Mei 2021 itu untuk berkas perkara nomor 221, 222, dan 226 beragendakan pemeriksaan saksi meringankan dari terdakwa dan penasihat hukum," kata Alex saat dikonfirmasi di Jakarta Timur, Senin 3 Mei 2021.
Berkas nomor 221 untuk Rizieq dalam perkara kerumunan warga saat kegiatan Maulid Nabi dan pernikahan putri keempatnya pada 14 November 2020 di Jl. KS Tubun, Kelurahan Petamburan.

Berkas nomor 222 merupakan kasus kerumunan yang sama dengan terdakwa H. Haris Ubaidillah, H. Ahmad Sabri Lubis, Ali Alwi Alatas, Idrus Alias Idrus Al Habsyi, dan Maman Suryadi.

Berkas nomor 226 perkara Rizieq dalam kasus kerumunan saat kegiatan peletakan batu pertama di Pondok Pesantren Alam Agrokultural Megamendung Markaz Syariah pada 13 November 2020.

Pada sidang hari Senin 3 Mei 2021 merupakan lanjutan dari sidang pada Kamis 29 April 2021, saat Jaksa Penuntut Umum (JPU) menghadirkan saksi fakta dan ahli guna membuktikan dakwaan mereka di hadapan Majelis Hakim.

Dalam kasus kerumunan di Petamburan Rizieq didakwa menghasut warga datang pada kegiatan Maulid Nabi dan pernikahan putri keempatnya sehingga menimbulkan kerumunan warga sekitar 5.000 orang.

Sementara dalam kasus kerumunan di Megamendung Rizieq didakwa melanggar protokol kesehatan karena saat kegiatan  peletakan batu terjadi kerumunan sekitar 3.000 warga di sekitar pondok pesantren.

"Sidang dijadwalkan dimulai pukul 09.00 WIB di ruang sidang utama Pengadilan Negeri Jakarta Timur," lanjut Alex.

Tayangan sidang kasus kerumunan warga di Petamburan dan Megamendung beragenda pemeriksaan saksi ahli dari JPU dalam kasus dugaan tindak pidana karantina kesehatan Rizieq Shihab di Pengadilan Negeri Jakarta Timur, Kamis 29 April 2021.
Tayangan sidang kasus kerumunan warga di Petamburan dan Megamendung beragenda pemeriksaan saksi ahli dari JPU dalam kasus dugaan tindak pidana karantina kesehatan Rizieq Shihab di Pengadilan Negeri Jakarta Timur, Kamis 29 April 2021. (tribun.jakarta.com)

Rizieq Shihab Putar Video Presiden Jokowi di Maumere 

Pada sidang akhir April 2021, tepatnya Kamis 29 April 2021, Majelis Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Timur menegur anggota tim kuasa hukum Rizieq Shihab.

Teguran itu dilayangkan atas pertanyaan yang diajukan anggota tim kuasa hukum Rizieq kepada dua ahli epidemiologi yang dihadirkan jadi saksi dari pihak Jaksa Penuntut Umum (JPU) guna membuktikan dakwaan.

Awalnya, tim kuasa hukum Rizieq menampilkan video berita kerumunan warga saat Presiden Joko Widodo berkunjung ke Maumere, Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur pada Februari 2021.
Halaman
1234
Editor: Frans Krowin
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved