Breaking News:

Bupati Nagekeo, Johanes Don Bosco Do Buka Kegiatan Sosialisasi Permendikbud Nomor 6 Tahun 2021

Standar Pelayanan Minimal Pendidikan termasuk standar pembiayaan dan standar penilaian atau assesmen kompetensi minimum (AKM).

POS-KUPANG.COM/TOMMY MBENU NULANGI
sosialisasi Permendikbud Nomor 6 Tahun 2021 di Aula Setda Nagekeo, Senin 3 Mei 2021. 

Bupati Nagekeo, Johanes Don Bosco Do  Buka Kegiatan Sosialisasi Permendikbud Nomor 6 Tahun 2021

POS-KUPANG.COM | MBAY--Bupati Nagekeo, Johanes Don Bosco Do, membuka dengan resmi Sosialisasi Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 6 Tahun 2021 tentang Petunjuk Teknis Dana Bos dan Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) Tahun 2021 di Aula Setda Nagekeo, Senin 3 Mei 2021.

Hadir pada kegiatan tersebut Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Nagekeo Drs. Tiba Aloysius bersama jajarannya serta para mitra penerbit, Asisten Manajer Flores 1  PT. Masmedia Buana Pustaka  Kristianus Antonius Kumi Dopo, Kepala Cabang Bali Nusra PT. Erlangga Wayan Suwirajana, dan Asisten Manajernya Guntur Harmoko, Manajer Wilayah Kupang PT. Grafindo Media Pratama, Donatus Pampung.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Nagekeo, Drs.Tiba Aloysius mengatakan, pemerintah telah mengalokasikan dan menyalurkan dana bantuan operasional sekolah reguler yang mendukung terlaksananya Asesment Nasional (AK) guna meningkatkan mutu pembelajaran dan pemerataan akses layanan pendidikan, dalam rangka pemenuhan Standar Pelayanan Minimal Pendidikan termasuk standar pembiayaan dan standar penilaian atau assesmen kompetensi minimum (AKM).

Baca juga: Sebanyak 70 Siswa MAN di Kabupaten Nagekeo Dinyatakan Lulus

Pelaksanaan Assesment Nasional yang akan terjadi pada Bulan September- Oktober 2021 nanti mendorong sekolah untuk lebih mempersiapkan diri secara serius berkenaan dengan literasi dan numerasi serta karakter anak didik secara umum dan khususnya siswa kelas lima sehingga tiba saatnya anak didik dapat menunjukan kualitas diri nya dalam mencapai standar kompetensi minimal yang diharapkan.

Bupati Nagekeo, Johanes Don Bosco Do saat berkunjung di Negeri Di Atas Awan Desa Paumali Kecamatan Keo Tengah Kabupaten Nagekeo, Kamis 4 Februari 2021.
Bupati Nagekeo, Johanes Don Bosco Do saat berkunjung di Negeri Di Atas Awan Desa Paumali Kecamatan Keo Tengah Kabupaten Nagekeo, Kamis 4 Februari 2021. (Dokumentasi I.K Mbay)

Dijelaskan Aloysius, assesment nasional dilaksanakan sebagai bentuk pertanggungjawaban sekolah dan sebagai sarana mengukur kualitas pendidikan secara nasional dan secara inplisit mengukur keberhasilan mutu pembelajaran di kelas yang dilaksanakan oleh para guru.

Peran Kepala Sekolah sesuai dengan tugas dan fungsinya merupakan strategi kunci dalam mencapai 8 (delapan) Standar Nasional Pendidikan (SNP). Untuk mencapainya perlu dilakukan sosialisasi petunjuk teknis pengelolaan dana bantuan operasional sekolah regular beserta teknik pertanggungjawaban dan strategi menghadapi assesment nasional tahun 2021.

"Tujuan diselenggarakan kegiatan ini adalah memberi gambaran secara umum tentang pengelolaan keuangan BOS di sekolah dalam mendukung pencapaian 8 standar nasional pendidikan dan memastikan sekolah mempersiapkan diri baik Kepala Sekolah, Guru dan Siswa dalam mengikuti Assesment Nasional yang akan dilaksanakan tahun 2021," ujarnya.

Baca juga: Dua Desa di Kabupaten Nagekeo Dialiri Listrik, Manager PLN Bajawa : Ini Kado Paskah Buat Masyarakat

Aloysius menjelaskan, agenda pokok kegiatan tersebut adalah Sosialisasi Petunjuk Teknis BOS tahun 2021 dan Assesment Kompetensi Minimum, Sosialisasi Ijazah tahun ajaran 2020/2021 serta Pelatihan Aplikasi SIPLAH Dana BOS.

Para peserta dalam kegiatan tersebut terdiri dari semua Sekolah Dasar baik Negeri maupun Swasta se Kabupaten Nagekeo berjumlah 177 orang, peserta sebanyak 354 orang (masing-masing sekolah 2 orang, kepala sekolah dan bendahara BOS/Ops)

Halaman
123
Penulis: Thomas Mbenu Nulangi
Editor: Rosalina Woso
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved