Breaking News:

Bupati Belu : Positif Covid Tambah Dua Kasus dan Kontak Erat Tambah 33 Kasus

Total kasus positif saat ini sudah mencapai 3.900 kasus, sembuh 229 orang dan delapan orang dalam perawatan. 

POS KUPANG.COM/ISTIMEWA
Agus Taolin 

Bupati Belu  :  Positif Covid Tambah Dua Kasus dan Kontak Erat Tambah 33 Kasus

POS KUPANG.COM| ATAMBUA--Data Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Belu menunjukkan, kasus terkonfirmasi positif covid-19 di Kabupaten Belu bertambah dua kasus. Total kasus positif saat ini sudah mencapai 3.900 kasus, sembuh 229 orang dan delapan orang dalam perawatan. 

Delapan pasien positif covid-19 yang belum sembuh ini tersebar tiga kecamatan, yaitu Kecamatan Atambua Barat 4 orang, Tasifetof  Barat 3 orang dan Kecamatan Kota Atambua 1 orang.

Selain itu, status kontak erat juga bertambah 33 orang dan masih dalam pemantauan saat ini. Mereka tersebar di lima kecamatan yakni, Kecamatan Kakuluk Mesak 1 orang, Kecamatan Kota Atambua 3 orang, Kecamatan Atambua Barat 10 orang, Kecamatan Atambua Selatan 3 orang dan Kecamatan Tasifeto Barat 16 orang

Baca juga: Bupati Belu Agus Taolin: Kami Tidak Akan Membeda-bedakan

Jumlah pasien terpapar covid-19 yang meninggal dunia sudah 23 orang, yang terdiri dari terkonfirmasi positif 13 orang dan status probable 10 orang. Semua pasien tersebut dikuburkan secara protokol covid-19 di pekuburan umum Masmae. 

Saat ini pasien yang dirawat di Ruang Isolasi RSUD Mgr. Gabriel Manek, SVD sebanyak 2 orang. Total Rapid Antigen dengan hasil Positif sebanyak 493, sedangkan total SWAB 867 dengan hasil 631 negatif, 250 positif (236 SWAB PCR, 13 Rapid Antigen, 1 TCM) dan 17 sampel menunggu hasil.

Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Belu, Christoforus M. Loe Mau, SE mengatakan hal itu kepada wartawan, Selasa 4 Mei 2021 mengatakan, kasus covid-19 di Kabupaten Belu masih terus terjadi. 

Oleh karena itu, Pemerintah Kabupaten Belu terus menghimbau seluruh lapisan masyarakat untuk tetap waspada dengan terus menjalankan pola hidup sehat, menjaga jarak fisik dalam beraktivitas, menghindari kerumunan dan selalu membiasakan diri untuk mencuci tangan dengan sabun di air mengalir/menggunakan hand sanitizer dan wajib menggunakan masker jika beraktivitas di luar rumah serta menjaga imun tubuh.

Bagi warga Kabupaten Belu yang baru pulang dari luar daerah terutama daerah Zona Merah agar melaporkan diri ke Posko Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Belu atau melalui call center 081238654568 yang aktif 24 jam untuk selanjutnya mengikuti arahan petugas termasuk mengisolasi diri. Lindungi diri, lindungi sesama. 

Bupati Belu, dr. Agustinus Taolin, Sp.SP saat ditemui wartawan Senin 3 Mei 2021 mengatakan, penanganan covid-19 menjadi perhatian pemerintah saat ini. Sebagai bupati yang baru satu minggu dilantik, ia telah mengecek kesiapan RSUD Atambau sebagai rumah sakit rujukan. 

Bupati Belu, dr. Agus Taolin, Sp.PD sidak di RSUD Mgr. Gabriel Manek, SVD, Rabu 28 April 2021. 
Bupati Belu, dr. Agus Taolin, Sp.PD sidak di RSUD Mgr. Gabriel Manek, SVD, Rabu 28 April 2021.  (POS KUPANG.COM/TENI JENAHAS)

Menurut Agus Taolin, penanganan covid-19 harus sejalan antara upaya preventif dan kuratif.  

"Upaya preventif terus kita lakukan tapi upaya kuratif juga harus sejalan sehingga bisa selamatkan pasien yang terpapar covid-19", kata Agus Taolin.

Dokter spesialis penyakit dalam ini mengatakan, penanganan covid-19 tidak hanya pasien atau orang terpapar covid-19 tetapi juga tenaga kesehatan dan fasilitas harus sama-sama diperhatikan. Petugas kesehatan menangani orang sakit agar bisa sembuh begitu juga tenaga kesehatan harus tetap sehat.

Baca juga: Wujudkan Kota Atambua Bersih dan Sehat, Bupati Belu Agus Taolin Motivasi Petugas Kebersihan

Bupati Agus Taolin mengingatkan para tenaga kesehatan, khususnya dalam menangani Covid-19 agar bekerja dengan baik, terukur, terstruktur serta dibawah pengawasan dan pengendalian.

Apabila kerja tidak sesuai prosedur tersebut maka bukan hanya nyawa orang lain yang hilang tetapi juga nyawa tenaga kesehatan itu sendiri yang hilang. (Laporan Reporter POS KUPANG.COM,Teni Jenahas).

Penulis: Teni Jenahas
Editor: Rosalina Woso
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved