Breaking News:

Wakil Bupati Ngada, Raymundus Bena Resmikan SMK Negeri I Wolomeze

Semua panitia pernah pada keadaan menyerah, tetapi pada tahun 2020 sudah ada tanggapan positif dari Dinas pendidikan Provinsi NTT.

POS KUPANG.COM/THOMAS MBENU NULANGI
Wakil Bupati Ngada, Raymundus Bena memberi brosur penerimaan siswa baru kepada perwakilan siswa di Aula Desa Nginamanu, Kamis 29 April 2021. 

Wakil Bupati Ngada,Raymundus Bena Resmikan SMK Negeri I Wolomeze

POS-KUPANG.COM | BAJAWA--Wakil Bupati Ngada, Raymundus Bena meresmikan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Wolomeze. Peresmian sekolah tersebut dilakukan di Aula Kantor Desa Nginamanu, Kamis 29 April 2021.

Kegiatan peresmian sekolah kejuruan tersebut dilakukan setelah pemerintah Provinsi NTT secara resmi sudah mengeluarkan izin operasional penyelenggaraan pendidikan.

Dengan dikeluarkannya izin operasional pendidikan, serta diresmikan langsung oleh Wakil Bupati Ngada Raymundus Bena, maka sekolah kejuruan tersebut sudah bisa melakukan penerimaan siswa baru.

Ketua Panitia Peresmian SMK Negeri 1 Wolomeze, Yohanes Lingge Siren dalam laporannya menyampaikan bahwa, pendirian sekolah kejuruan tersebut melewati proses yang cukup alot.

Baca juga: Satu Unit Kios di Kampung Boripo-Bajawa, Kabupaten Ngada Dilahap Si Jago Merah, Begini Kondisinya

Semua panitia pernah pada keadaan menyerah, tetapi pada tahun 2020 sudah ada tanggapan positif dari Dinas pendidikan Provinsi NTT.

Bupati Ngada, Paru Andreas menerima santunan atas nama ahli waris Theresia Bhute senilai Rp. 42 juta dari BPJS Ketenagakerjaan di ruang kerjannya, Kamis (29/4/2021).
Bupati Ngada, Paru Andreas menerima santunan atas nama ahli waris Theresia Bhute senilai Rp. 42 juta dari BPJS Ketenagakerjaan di ruang kerjannya, Kamis (29/4/2021). (POS-KUPANG.COM/ISTIMEWA)

Menurut Jhon, aspirasi dari masyarakat sebenarnya SMA, bukan SMK. Dalam perjalanan perjuangan pembentukan SMA Negeri I Wolomeze sejak tahun 2010 sampai 2019.

Pada akhir tahun 2020, Kepala Dinas Pendidikan Provinsi yang saat itu menjadi Penjabat Bupati Ngada mengunjungi Kecamatan Wolomeze dan menyampaikan bahwa sesuai kondisi lapangan, topografi dan kondisi alam, maka bisa dipastikan untuk membangun SMKN, dan pada tahun 2021 siap menerima siswa baru.

"Usulan dokumen final pada tanggal 31 Maret 2021 yang juga ditandatangani oleh Korwas Matias Sudin, selanjutnya pada tanggal 11 April 2021, kami ke Kupang untuk membawa dokumen, dan tanggal 13 April 2021 SK dikeluarkan dan langsung diterima," ungkapnya.

Baca juga: Di Kabupaten Ngada Bocah 4 Tahun yang Tewas Terseret Air Alami Luka Lecet di Bagian Kepala

Wakil Bupati Ngada Raymundus Bena dalam arahannya mengatakan bahwa hari ini merupakan hari yang bersejarah dimana terjadi acara peresmian SMK Negeri 1 Wolomeze.

Menurut Raymundus, salah satu misi dalam kepemimpinan APRB juga memajukan pendidikan. Oleh karena itu momen peresmian hari ini tidak terlepas dari upaya APRB dalam memajukan pendidikan di daerah tersebut.

"Berbicara soal pendidikan, diibaratkan seperti pesawat tercepat, karena ketika kita tidak mengikuti irama pesawat tersebut, maka kita akan tertinggal," ujarnya.

Wakil Bupati Ngada, Raymundus Bena menyerahkan bantuan beras kepada warga terdampak bencana di Kecamatan Golewa Selatan, Senin 19 April 2021 
Wakil Bupati Ngada, Raymundus Bena menyerahkan bantuan beras kepada warga terdampak bencana di Kecamatan Golewa Selatan, Senin 19 April 2021  (POS KUPANG.COM/ISTIMEWA)

Raymundus menegaskan, fokus jurusan SMK Negeri 1 Wolomeze pada bidang keahlian agribisnis dan agroteknologi, dengan program keahlian masing-masing agribisnis ternak dengan kompetensi keahlian agribisnis ternak unggas, agribisnis tanaman dengan kompetensi keahlian agribisnis tanaman pangan dan holtikultura, serta agribisnis tanaman perkebunan.

Baca juga: Pelaku Penganiayaan Hingga Korban Meninggal Dunia di Kabupaten Ngada Sudah Ditahan

"Jadi kedepannya model pembelajaran akan lebih sederhana dan merakyat tetapi tidak mengesampingkan mutu pendidikan," ujarnya.

Kehadiran Wakil Bupati Ngada Raymundus Bena didampingi oleh sejumlah pimpinan OPD, Camat Wolomeze, Kordinator Pengawas SMA dan SMK Kabupaten Ngada. (Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Tommy Mbenu Nulangi)

Penulis: Thomas Mbenu Nulangi
Editor: Rosalina Woso
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved