Breaking News:

Polres Kabupaten Ngada Gelar Pelatihan Binmas Online Versi 2 Bagi Para Bhabinkamtibmas

memudahkan tugas sebagai Bhabinkamtibmas sehingga anggota bisa mengetahui apapun yang ada di desa binaannya.

POS-KUPANG.COM/THOMAS MBENU NULANGI
Kapolres Ngada, AKBP. Rio Cahyowidi. 

Polres Kabupaten Ngada Gelar Pelatihan Binmas Online Versi 2 Bagi Para Bhabinkamtibmas

POS-KUPANG.COM | BAJAWA-Polres Ngada menggelar Pelatihan Binmas Online Versi 2 (BOS V2) kepada Bhabinkamtibmas jajaran Polres Ngada. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Aula Polres Ngada, Senin 3 Mei 2021.

Pelatihan tersebut dibuka secara langsung oleh Kapolres Ngada AKBP Rio Chayowidi, S.I.K., M.I.K didampingi Kasat Binmas Iptu Haji M Lauda serta diikuti Kanit Binmas dan Bhabinkamtibmas jajaran Polres Ngada.

Dalam kegiatan tersebut Kapolres berterimakasih kepada Bhabinkamtibmas jajaran Polres Ngada yang telah melakukan pembinaan di desa binaannya masing-masing.

Menurut Rio, pelatihan BOS V2 ini adalah untuk memudahkan tugas sebagai Bhabinkamtibmas sehingga anggota bisa mengetahui apapun yang ada di desa binaannya.

Baca juga: Kasat Reskrim Polres Ngada Sebut Keluarga Terima Kematian Bocah 4 Tahun Sebagai Jalan Hidupnya

"Tetaplah semangat dan ikhlas bekerja walaupun personel Bhabinkamtibmas di wilayah kita kekurangan anggota,” ujarnya.

Rio mengharapkan para anggota dapat menyimak setiap penjelasan yang diberikan dalam pelatihan ini dengan sebaik mungkin sehingga mampu menerapkan di desa binaannya.

"Kegiatan ini dilakukan rangka mewujudkan program prioritas Kapolri dibidang peningkatan pelayanan publik yang lebih mudah bagi masyarakat dan berbasis TI," ungkapnya.

Kapolres Ngada, AKBP. Rio Cahyowidi membuka kegiatan pelatihan Binmas Online Versi 2 bagi para Bhabinkamtibmas di Aula Polres Ngada, Senin (3/5/2021).
Kapolres Ngada, AKBP. Rio Cahyowidi membuka kegiatan pelatihan Binmas Online Versi 2 bagi para Bhabinkamtibmas di Aula Polres Ngada, Senin (3/5/2021). (POS-KUPANG.COM/ISTIMEWA)

Dikesempatan lain, Kasat Binmas Polres Ngada, Iptu Haji M Lauda menjelaskan tentang aplikasi BOS kepada Bhabinkamtibmas. Aplikasi BOS ini untuk melaporkan kinerja Bhabinkamtibmas secara online melalui handphone android.

"Foto-foto kegiatan Bhabinkamtibmas seperti DDS (Door to Door Sistem), problem solving, laporan informasi dan inovasi Bhabinkamtibmas bisa diketahui dari aplikasi ini," terangnya.

Baca juga: Kapolres Ngada Pimpin Deklarasi Pencanangan Pembangunan Zona Integritas Menuju WBK dan WBBM

Kasat Binmas juga meminta kepada seluruh Bhabinkamtibmas supaya dapat melaksanakan tugas pokoknya sesuai Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2002 tentang Kepolisian Negara Republik Indonesia.

Dimana seorang Bhabinkamtibmas harus melaksanakan pembinaan terhadap masyarakat, pendekatan dan membangun kepercayaan masyarakat, mencegah timbulnya penyakit masyarakat, meningkatkan daya tangkal masyarakat terhadap gangguan Kamtibmas serta menumbuhkan kesadaran dan ketaatan terhadap hukum.

"Kemudian Bhabinkamtibmas juga bisa membantu penyelesesaian perselisihan warga, melatih masyarakat dalam rangka pengamanan lingkungan, memberikan pelayanan terhadap kepentingan masyarakat, menghimpun informasi dan pendapat masyarakat serta mampu bekerjasama dengan aparat desa, tomas, toga, todat, tokoh pemuda dan para sepuh yang ada di desa, kelurahan, kelompok atau forum Kamtibmas," pungkasnya. (Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Tommy Mbenu Nulangi)

Penulis: Thomas Mbenu Nulangi
Editor: Rosalina Woso
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved