Breaking News:

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil Bantu Rp 1 Miliar Rupiah untuk NTT

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil bersama rombongan datang dan melihat langsung kondisi bencana dan para korban di Kota Kupang

POS KUPANG.COM/ISTIMEWA
Sekda NTT, Ir. Ben Polo Maing mendampingi Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil saat menghibur anak-anak korban bencana di Posko Penampungan Kampung Amanuban Kelurahan Oebufu Kecamatan Oebobo Kota Kupang, Sabtu, 1 Mei 2021. 

POS-KUPANG.COM - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil bersama rombongan datang dan melihat langsung kondisi bencana dan para korban di Kota Kupang, ibukota Provinsi NTT pada Sabtu (1/5/2021) pagi.

Didampingi Sekda NTT, Ir Ben Polo Maing dan para pejabat Pemprov NTT, Ridwan Kamil mengunjungi lokasi bencana dan posko penampungan di Kampung Amanuban di Kelurahan Oebufu, Kota Kupang.

Ridwan Kamil dan rombongan melihat secara langsung lokasi longsoran yang menimbun rumah warga di bantaran Sungai Liliba. Selanjutnya, Ridwan Kamil juga menemui korban bencana yang masih berada di posko penampungan (pengungsian) di Amanuban, Kelurahan Oebufu.

"Saya terbang jauh sekali dari Bandung, jauh-jauh ingin menitipkan amanat dari rakyat Jawa Barat, kami sangat mencintai NTT, karena alamnya indah luar biasa," kata Ridwan di posko penampungan.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil berdialog bersama korban bencana di Posko Penampungan Kampung Amanuban Kelurahan Oebufu Kecamatan Oebobo Kota Kupang, Sabtu, 1 Mei 2021.
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil berdialog bersama korban bencana di Posko Penampungan Kampung Amanuban Kelurahan Oebufu Kecamatan Oebobo Kota Kupang, Sabtu, 1 Mei 2021. (POS KUPANG.COM/ISTIMEWA)

Ridwan mengatakan dirinya dihubungi mahasiswa asal NTT di Jawa Barat untuk menggalang dana bagi korban bencana. Namun penggalangan dana di jalanan itu dilarang olehnya.

"Saat mendengar ada bencana kami sangat sedih, jadi saya dihubungi oleh mahasiswa-mahasiswi asal NTT yang ada di Bandung, untuk galang dana. Tapi saya bilang nggak usah menggalang dana di jalanan, nanti kami akan bawa bantuan yang lebih baik lah kesana," cerita Ridwan Kamil.

Ia mewakili masyarakat Jawa Barat datang ke Kota Kupang dan membawa serta bantuan bagi korban bencana sebesar Rp1 miliar.

"Nanti kalau kurang baru kita koordinasi lagi. Siapa yang keadaannya lebih baik, harus membantu yang lagi susah," kata dia.

Gubernur Jabar, Ridwan Kamil pose bersama warga Kupang, Sabtu 1 Mei 2021.
Gubernur Jabar, Ridwan Kamil pose bersama warga Kupang, Sabtu 1 Mei 2021. (POS-KUPANG.COM/ISTIMEWA)

Menurut dia, apa yang dilakukan merupakan implementasi semangat persatuan dan kesatuan sebagaimana amanat sila ketiga Pancasila, Persatuan Indonesia. Karena itu, donasi dan bantuan warga Jawa Barat itu agar dimanfaatkan dan dialokasikan tepat sasaran.

"Nanti diatur oleh pak Sekda NTT, bagaimana pengalokasian kepada yang terdampak. Kalau warga NTT bahagia, kami warga Jawa Barat juga bahagia. NTT susah, kami juga susah. Salam hormat dan salam sayang kami warga Jawa Barat untuk NTT," kata dia.

Sekretaris Daerah Provinsi NTT, Ir. Ben Polo Maing yang mendampingi Ridwan Kamil dalam kesempatan tersebut menyampaikan apresiasi dan rasa terima kasih dari masyarakat dan pemerintah NTT.

"Atas nama pemerintah Provinsi NTT dan seluruh masyarakat NTT kami menyampaikan terimakasih kepada seluruh masyarakat Jawa Barat melalui Gubernur Jabar bapak Ridwan Kamil yang telah memberikan bantuan tali kasih untuk masyarakat NTT," ujar Sekda Polo Maing.

Ia menyebut, bantuan tersebut akan disalurkan kepada korban bencana sesuai kebutuhan. "Semua bantuan yang telah diterima dari masyarakat Jawa Barat akan disalurkan oleh Posko Provinsi kepada seluruh kabupaten yang terdampak sesuai dengan kebutuhan," terangnya.

Selain berdialog dengan warga dan para korban bencana di Posko Penampungan, Gubernur Ridwan Kamil juga menghibur anak-anak yang sedang berada di tempat pengungsian. Kunjungan tersebut ditutup dengan lagu "Halo-Halo Bandung" dari anak-anak di lokasi pengungsian. (hh)

Berita Kota Kupang

Editor: Kanis Jehola
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved