Breaking News:

Bupati Agas Nyatakan KLB Terkait 127 Warga Nggalak Leleng Keracunan Makanan

langsung memantau kondisi para korban yang sedang menjalani perawatan di Puskesmas Mano dan klinik Wejang Asi Mano. 

Penulis: Robert Ropo | Editor: Rosalina Woso
ISTIMEWA/POS-KUPANG.COM
Bupati Manggarai Timur Agas Andreas, SH.,M.Hum, saat memantau para korban yang sedang dirawat 

Bupati Agas Nyatakan KLB Terkait 127 Warga Nggalak Leleng Keracunan Makanan

POS-KUPANG.COM | BORONG---Data terakhir sebanyak 127 orang warga Dusun Pau, Kelurahan Nggalak Leleng, Kecamatan Lamba Leda Selatan, Kabupaten Manggarai Timur menjadi korban keracuan makanan saat menghadiri acara kenduri (salah satu bagian dari rangkaian acara kematian) dari salah satu Warga di Dusun Pau Kelurahan  Nggalak Leleng, Jumat 30 April 2021.

Para korban mengalami gejala klinis berupa pusing, muntah-muntah dan diare.

Terkait kejadian ini, Bupati Manggarai Timur, Agas Andreas, SH.,M.Hum, juga turun langsung memantau kondisi para korban yang sedang menjalani perawatan di Puskesmas Mano dan klinik Wejang Asi Mano. 

Kabag Prokopim Setda Manggarai Timur, Jefrin Haryanto, kepada POS-KUPANG.COM, Minggu 2 Mei 2021 mengatakan Bupati Manggarai Timur menyatakan kasus ini sebagai Kejadian Luar Biasa (KLB) Keracunan Pangan. 

Para korban saat mendapatkan perawatan.
Para korban saat mendapatkan perawatan. (POS KUPANG.COM/ISTIMEWA)

Baca juga: Hidangan Buka Puasa Pakai Sayur Campur Oli Satu Keluarga di Sumedang Keracunan, Begini Kronologinya

Jefrin juga menjelaskan, sebanyak 127 orang korban terlapor keracunan makanan itu sudah ditangani secara medis dan belum ada korban jiwa. Para korban dirawat di Puskesmas Mano, Klinik Wejang Asi Mano dan sebagian dirawat di RSUD dr Ben Mboi Ruteng.

Bupati Manggarai Timur Agas Andreas, SH.,M.Hum, saat memantau para korban yang sedang dirawat.
Bupati Manggarai Timur Agas Andreas, SH.,M.Hum, saat memantau para korban yang sedang dirawat. (ISTIMEWA/POS-KUPANG.COM)

Jefrin juga menjelaskan, kronologi kejadian, pada hari Jumat tanggal 30 April 2021 dilaksanakan acara kenduri (salah satu bagian dari rangkaian acara kematian) dari salah satu Warga di Dusun Pau Kelurahan  Nggalak Leleng.

Pada Pukul 17.00 wita diadakan misa dan dilanjutkan dengan makan malam bersama. Kemudian pada hari Sabtu tanggal 1 Mei 2021 dini hari sekitar pukul 02.00 Wita warga mulai mengalami gejala diare dan muntah-muntah.  (Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Robert Ropo)

Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved