Breaking News:

Renungan Harian Katolik

Renungan Harian Katolik, 30 April 2021: Ego Sum Via Veritas Vita: Akulah Jalan, Kebenaran dan Hidup

Hidup adalah pilihan. Biasanya ada banyak pilihan dihadapkan atau disediakan bagi kita. Kita bisa menjadi apa saja, tergantung pilihan kita

Dok Pribadi
RD Eman Kiik Mau 

Renungan Harian Katolik, Jumat 30 April 2021: "Ego Sum Via Veritas Vita: Akulah Jalan, Kebenaran dan Hidup" (Yoh 14:6)

Oleh: RD. Eman Kiik Mau

POS-KUPANG.COM - Hidup adalah pilihan. Biasanya ada banyak pilihan dihadapkan atau disediakan bagi kita. Kita bisa menjadi apa saja, tergantung pilihan kita.

Demikian pula dalam kehidupan iman, ada banyak agama, ada banyak jalan untuk sampai kepada Tuhan. Ada begitu banyak ajaran, aliran dan nabi yang semua itu menuntun manusia kepada Tuhan.

Dan kita sebagai orang Katolik memilih agama kita, berarti kita memilih Kristus sebagai Jalan, Kebenaran dan Hidup untuk sampai kepada Allah Bapa.

Hari ini Yesus bersabda, Akulah Jalan, Kebenaran dan Hidup. Tidak ada seorang pun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku!" (Yoh 14:6).

Sabda Yesus ini juga merupakan salah satu aklamasi umat setelah Injil dibacakan dalam perayaan Ekaristi yang berbunyi, "Sabda-Mu adalah Jalan, Kebenaran dan Hidup kami!"

Injil Yohanes hari ini, menjelaskan makna aklamasi sesudah Injil itu. Dengan mengungkapkan aklamasi, umat beriman menyatakan bahwa seluruh Sabda Tuhan yang baru saja didengarkan adalah Jalan, Kebenaran dan Hidup. Sabda Tuhan itu bukan hanya menjadi Jalan, Kebenaran dan Hidup tetapi adalah Jalan, Kebenaran dan Hidup itu sendiri.

Yesus memberikan jalan bagi yang tersesat, kebenaran bagi yang pernah khilaf dan hidup bagi yang mati. Inilah juga yang kita yakini bersama saat mengikuti misa arwah: "Requiem aeternam dona eis Domine" - *"Ya Tuhan berikanlah mereka istirahat kekal."

Kita semua telah memilih Yesus sebagai Jalan, Kebenaran dan Hidup. Yesus akan menyediakan tempat bagi kita di Rumah Bapa, dalam Kerajaan Surga. Kita tidak perlu takut, cemas dan gelisah karena Kristus sendiri telah memberikan jaminan bahwa di rumah Bapa ada begitu banyak tempat bagi kita.

Yang diminta dari kita para pengikut Kristus adalah supaya kita tetap setia beribadah kepada-Nya dengan taqwa, bertindak arif dan bijaksana dan tekun mendengarkan dan melaksanakan ajaran-Nya, maka sukacita dan hidup yang kekal akan dianugerahkan kepada kita.

Ya Tuhan Yesus, kami percaya dengan sepenuh hati bahwa Engkau adalah Jalan, Kebenaran dan Hidup. Amin.*

Simak juga video renungan harian katolik berikut:

"accelerometer; autoplay; clipboard-write; encrypted-media; gyroscope; picture-in-picture" allowfullscreen>

Baca artikel-artikel renungan harian katolik lainnya DI SINI

Editor: Agustinus Sape
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved