Breaking News:

Calon Penumpang Pesawat Menilai GeNose Lebih Murah, Simak Komentar Penumpang

Bandar Udara El Tari Kupang mulai menerapkan penggunaan GeNose C19 sebagai salah satu syarat perjalanan menggunakan pesawat pada Rabu (

POS-KUPANG.COM / INTAN NUKA /
Peluncuran penggunaan GeNose C19 di Bandara El Tari Kupang, Rabu (28/4) pagi. Tampak calon penumpang sedang mendaftar dan melakukan pengambilan sampe napas. 

Calon Penumpang Pesawat Menilai GeNose Lebih Murah, Simak Komentar Penumpang

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Intan Nuka

POS-KUPANG.COM | KUPANG - Bandar Udara El Tari Kupang mulai menerapkan penggunaan GeNose C19 sebagai salah satu syarat perjalanan menggunakan pesawat pada Rabu (27/4). Penggunaan GeNose C19 sendiri telah tertuang dalam Surat Edaran (SE) Satgas Nomor 12 tahun 2021 yang menggantikan sebelumnya SE Nomor 7 tahun 2021.

Pemeriksaan menggunakan GeNose C19 dikenakan biaya Rp50 ribu untuk sekali pengambilan sampel. Beberapa calon penumpang yang menggunakan GeNose C19 untuk pertama kali mengaku biaya tersebut cukup murah.

"Alat ini bagus. Harganya juga lima puluh ribu saja. Kita hargai temuan UGM ini; hasil pengetahuan mereka. Kalau bisa bandara lain juga bisa (punya alat ini)," ungkap Christian Lubalu (57), calon penumpang pesawat tujuan Waingapu.

Selain murah, Christian juga mengaku lebih nyaman menggunakan GeNose C19. Alasannya karena GeNose dilakukan dengan megembuskan napas, alih-alih menusuk hidung dan membuatnya sering merasa sakit.

Penumpang lainnya, Murti Bullu (18) merasa deg-degan ketika melakukan pengambilan napas. Tapi, dia merasa lebih nyaman dan terbantu karena harganya lebih murah.

"Iya, hanya Rp50 ribu saja," katanya sambil tersenyum.

GeNose C19 merupakan salah satu alat yang digunakan untuk mendeteksi virus corona melalui embusan napas. Sebelum melakukan pemeriksaan GeNose C19, calon penumpang harus memiliki tiket dan berada dalam kondisi sehat. Calon penumpang juga dilarang merokok, makan, dan minum (kecuali air putih) selama 30 menit sebelum pemeriksaan sampel napas.

Untuk melakukan pemeriksaan menggunakan GeNose C19, calon penumpang harus menunjukkan tike dan kode pemesanan (kode booking) kepada petugas. Selanjutnya, petugas akan memberikan kantong napas sesuai nama calon penumpang. Seorang petugas meminta calon penumpang untuk membuka katup T-Valve pada kantong napas sebelum mengembuskan napas. Calon penumpang diminta mengambil napas melalui hidung dan mengembuskan lewat mulut sebanyak dua kali terlebih dahulu, sebelumnya akhirnya mengembuskan napas ketiga sampai penuh di kantong napas. Setelah penuh, calon penumpang harus menutup kantong T-Valve. Calon penumpang dapat menyerahkan kantong napas ke petugas dan menanti hasilnya dalam dua hingga tiga menit kedepan.

Bandara El Tari Kupang memiliki lima alat GeNose C19 untuk melayani calon penumpang. Pemeriksaan dilakukan setiap pukul 07.00 pagi hingga 14.00 Wita. Masa berlaku GeNose C19 yakni sebelum keberangkatan di hari tersebut. (cr1)

Baca juga: Sidang Berikutnya Akan Hadikran Saksi Kunci, Kuasa Hukum Antonius Ali Minta Kawalan Publik

Peluncuran penggunaan GeNose C19 di Bandara El Tari Kupang, Rabu (28/4) pagi. Tampak calon penumpang sedang mendaftar dan melakukan pengambilan sampe napas.
Peluncuran penggunaan GeNose C19 di Bandara El Tari Kupang, Rabu (28/4) pagi. Tampak calon penumpang sedang mendaftar dan melakukan pengambilan sampe napas. (POS-KUPANG.COM / INTAN NUKA /)
Penulis: F Mariana Nuka
Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved