Breaking News:

Renungan Harian Katolik

Renungan Harian Katolik, Senin 26 April 2021: Tuhan Mengatur

Kita biasa berkata, "Tuhan mengatur!" Itu memang tepat. Bila kita tidak tahu apa yang akan terjadi, tanpa petunjuk atau bekal

Dok Pribadi
RD Eman Kiik Mau 

Renungan Harian Katolik, Senin 26 April 2021: Tuhan Mengatur (Kis 11:1-18; Yoh 10:11-18)

Oleh : RD. Eman Kiik Mau

POS-KUPANG.COM - Kita biasa berkata, "Tuhan mengatur!" Itu memang tepat. Bila kita tidak tahu apa yang akan terjadi, tanpa petunjuk atau bekal, tiba-tiba semua berjalan dengan baik, lancar dan aman.

Misalnya, kita lupa bawa uang saat perjalanan ke luar kota, tiba-tiba saja pas di rumah makan, kita ketemu teman lama yang murah hati, lalu dia justru menawari untuk mentraktir kita makan dan aneka peristiwa yang terjadi lainnya yang pernah kita alami bersama selama ini.

Pertanyaan yang lebih dalam ialah bagaimana Tuhan mengatur semuanya itu? Dari Sabda Tuhan hari ini, kita dapat penjelasan yang bagus.

Allah mengatur segala sesuatu melalui jalan dan pintu-Nya yakni Yesus Kristus, Tuhan kita dan semuanya itu dikerjakan di tengah kita dalam Roh Kudus. "Akulah Gembala yang baik. Gembala yang baik memberikan nyawa bagi domba-dombanya!"

Bacaan pertama mengisahkan kepada kita tentang peran Roh Kudus yang mengutus Petrus ke rumah Kornelius untuk tidak bimbang melayani orang di luar bangsa Yahudi waktu itu, yaitu Kornelius, perwira Romawi. Roh Kudus pula yang turun dan dicurahkan Allah melalui Kristus kepada Kornelius dan seisi rumahnya saat menerima warta Injil dari Petrus.

Bagi Petrus dan orang-orang beriman, karunia Roh Kudus menjadi tanda bahwa Allah menghendaki keselamatan semua bangsa. Kembali ke cara kita mengartikan, "Tuhan mengatur!" Tuhan sungguh mengatur. Bapa Sumbernya, sampai kepada kita melalui Kristus dalam Roh Kudus. Demikianlah rahmat Tuhan itu kita alami.

Tuhan Yesus, Sang Gembala Baik. Engkau mengatur segala-galanya di dalam hidup kami. Kami percaya seutuhnya kepada-Mu. Amin.*

Simak juga video renungan harian katolik berikut:

Baca juga artikel-artikel renungan harian katolik lainnya DI SINI

Editor: Agustinus Sape
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved