Tak Lolos Screening Jadi Alasan Lambatnya Realisasi Vaksinasi di Kabupaten TTS

Sedangkan untuk tahap II, dari target 1.500 penerima realisasi sudah mencapai 84, 87 persen atau 1.273 penerima. 

Penulis: Dion Kota | Editor: Rosalina Woso
POS-KUPANG.COM/Dion Kota
Kadis Kesehatan Kabupaten TTS, dr. Irene Atte 

Tak Lolos Screening Jadi Alasan Lambatnya Realisasi Vaksinasi di di Kabupaten TTS

POS-KUPANG.COM | SOE -- Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten TTS, dr. Irene Atte mengatakan, keterlambatan realisasi vaksinasi vaksin Covid 19 di Kabupaten TTS disebabkan banyaknya sasaran vaksinasi yang tidak lolos screening. Namun untuk saat ini realisasi pelaksanaan vaksinasi telah mencapai angka 90-an persen.

"Memang presentasi realisasi kita sedikit terlambat karena cukup banyak sasaran vaksinasi yang gagal screening," ungkap Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten TTS, dr. Irene Atte kepada Pos-Kupang.Com, Selasa 20 April 2021 di ruang kerjanya.

Dirincikannya, per tanggal 17 April, untuk tahap 1 dari target 2.668 penerima vaksin realisasi telah mencapai 94,23 persen atau 2.514 penerima. Sedangkan untuk tahap II, dari target 1.500 penerima realisasi sudah mencapai 84, 87 persen atau 1.273 penerima. 

Baca juga: Pansus Dorong Pemerintah Tangani Erosi dan Longsor di Batu Putih Kabupaten TTS

" Kalau sampai hari ini secara keseluruhan realisasinya sudah mencapai 90-an persen," ujarnya.

Ketika ditanyakan terkait realisasi vaksinasi untuk lansia, Irene mengatakan, vaksinasi untuk lansia baru akan dilakukan pada tahap III. Untuk vaksinasi tahap III sendiri akan dilakukan pada pekan depan. Dinas Kesehatan Kabupaten TTS sedang melakukan koordinasi dengan Dinas Kesehatan Propinsi NTT guna menjemput Vaksin Covid-19 jatah Kabupaten TTS.

Nampak erosi yang mengancam jalan nasional di Desa Boentuka, Kabupaten TTS
Nampak erosi yang mengancam jalan nasional di Desa Boentuka, Kabupaten TTS (PK/Dion Kota)

" Untuk lansia baru akan kita gelar pada pekan depan. Sampai saat ini kita belum dapatkan jatah kuota kita untuk tahap III ini. Kita masih melakukan koordinasi dengan Propinsi," terangnya.

Baca juga: Pansus LKPJ Cek Internet Desa di Boentuka Kabupaten TTS

Dirinya menghimbau kepada masyarakat calon penerima Vaksin agar ketika menerima SMS atau pemberitahuan sebagai penerima vaksin agar bisa mendatangi lokasi pelaksanaan vaksinasi sesuaoli jadwal yang telah ditentukan. Dirinya memastikan vaksin Covid 19 aman diberikan kepada masyarakat.

"Sasaran tahap III ini untuk lansia sehingga kita berharap agar calon penerima vaksin untuk mendatangi lokasi pelaksanaan vaksinasi sesuai jadwal yang telah disampaikan via SMS," pintanya.

Diberitakan sebelumnya, Wakil Bupati (Wabup) TTS, Jhony Army Konay menjadi orang TTS pertama yang menerima vaksin Covid-19. Wabup Army menerima suntikan vaksin Covid-19 di GOR Nekmese, Rabu 3 Februari 2021 pada acara pencanangan vaksinasi Covid-19 tingkat Kabupaten TTS yang dibuka bupati TTS, Egusem Piether Tahun

Dua anak korban banjir sedang tidur beralaskan karung di Posko pengungsian Kabupaten TTS
Dua anak korban banjir sedang tidur beralaskan karung di Posko pengungsian Kabupaten TTS (POS-KUPANG.COM/DION KOTA)

Baca juga: Gara-Gara Lilin, Kios Halima di Kabupaten TTS Dilalap Si Jago Merah

Setelah melakukan pendaftaran pada meja pertama dan melakukan screening pada meja kedua, Wabup Army menerima suntikan vaksin Covid 19 pada meja tiga. Usai di suntik, selama kurang lebih 30 menit tim medis melakukan pemantauan terhadap kondisi Wabup Army pasca menerima vaksin Covid 19 di meja ke empat.

Setelah itu Wabup Army mendapatkan sertifikat sebagai bukti sudah menerima vaksin Covid 19. 

Kepada POS-KUPANG.COM, Wabup Army mengatakan, dirinya tak mengalami gejala apa pun pasca  menerima vaksin Covid 19. Dirinya mengaku senang bisa menjadi yang pertama menerima vaksin tersebut.

Dirinya menghimbau kepada masyarakat agar tidak perlu takut untuk menerima vaksin Covid-19. 

Baca juga: DPC PKB Kabupaten TTS Bantu Korban Banjir di Desa Koa, TTS

Masyarakat juga diminta untuk tidak troma terhadap tenaga kesehatan. Vaksin Covid 19 dikatakannya sangat aman dan bisa melindungi masyarakat dari paparan virus Corona. (Laporan Reporter Pos-Kupang.Com, Dion Kota)

Sumber: Pos Kupang
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved