Breaking News:

Renungan Harian Katolik

Renungan Harian Katolik, Minggu 18 April 2021: Damai Sejahtera Bagi Kamu!

Pengalaman hidup menunjukkan bahwa acapkali pikiran, kata-kata dan sikap manusia menjauhkan damai sejahtera dari dalam diri dan sesama.

Dok Maxi Un Bria
RD Maxi Un Bria dengan latar belakang menara Pizza Italia. 

Renungan Harian Katolik, Minggu 18 April 2021: Damai Sejahtera Bagi Kamu! (Lukas 24 : 35-48)

Oleh: RD. Maxi Un Bria

POS-KUPANG.COM - Damai itu indah dan menyenangkan. Semua orang menginginkannya. Namun pengalaman hidup menunjukkan bahwa acapkali pikiran, kata-kata dan sikap manusia menjauhkan damai sejahtera dari dalam diri dan sesama.

Terhadap realitas ini, Yesus hadir dan memberikan peneguhan bagi kita agar bangkit mengembangkan habitus baru sebagai insan-insan beriman pembawa damai, kebenaran dan kabar sukacita dari Allah kepada dunia. Maukah kita?

Rasul Petrus dan Yohanes berkata, “Kami adalah saksi tentang Yesus yang telah ditolak dan dihukum mati, namun telah bangkit dengan jaya. Bahwasannya Allah telah menggenapi semua yang telah difirmankan-Nya sejak dahulu melalui perantaraan nabi-nabi yaitu bahwa Mesias yang diutus-Nya harus menderita dan wafat untuk menebus dosa umat manusia.“ Karena itu sadarlah dan bertobatlah, supaya dosamu dihapuskan” ( Kis 3 :19 ).

Yesus Kristus sebagai pengantara kepada Bapa dan pendamaian untuk segala dosa manusia telah memberi contoh bagaimana selayaknya kita mengasihi Allah dengan menuruti Firman-Nya. Sebab “Barangsiapa menuruti firman Allah, di dalam orang itu kasih Allah sungguh sudah sempurna” ( 1 Yohanes 2 :5a). Tindakan menuruti Firman Allah adalah kebenaran yang menuntun kita kepada kebahagiaan sejati dan keselamatan.

Kesaksian para Rasul utamanya kesaksian dua murid yang berjalan ke Emaus dan berjumpa serta berdialog dengan Yesus mudah-mudahan membuka mata hati dan iman kita bahwa Yesus yang telah bangkit dari antara orang mati selalu hadir dalam Ekaristi Kudus dan meneguhkan kita semua dengan Sabda-Nya, “Damai sejahtera bagi kamu” ( Lukas 24 : 36 ).

Yesus hadir dalam hidup kita. Ia menjumpai para murid dalam perjalanan dan pergumulan hidup mereka. Ia memberikan hikmat dan penjelasan tentang Kitab Suci. Ia menghendaki agar para murid dan kita semua memiliki waktu untuk membaca, merenungkan dan memeditasikan isi Kitab Suci agar memahami apa sesungguhnya kehendak Allah bagi hidup manusia di dunia.

Kepada kedua murid yang berjalan ke Emaus dan kepada kita semua Yesus kembali ingatkan kebenaran Kitab Suci bahwa “Mesias harus menderita dan bangkit dari antara orang mati pada hari ketiga. Dan lagi, dalam nama-Nya berita tentang pertobatan dan pengampunan dosa harus disampaikan kepada segala bangsa, mulai dari Yerusalem. Kamu adalah saksi dari semuanya ini” ( Lukas 24 :46-48 ).

Semoga kita semakin sadar, beriman dan terbuka hati untuk bertobat, berbenah diri dan berubah menjadi manusia baru yang siap sedia menjadi saksi Kristus, hadirkan damai sejahtera Tuhan bagi dunia. Salve.*

Simak juga video renungan harian katolik berikut:

Bacaan artikel-artikel renungan harian katolik lainnya DI SINI

Editor: Agustinus Sape
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved