Pasca Bencana Alam NTT

Yapinkar SVD Salurkan Bantuan Bagi Korban Bencana di Kabupaten Kupang

Yayasan Pendidikan Katolik Arnoldus (Yapenkar SVD) menyalurkan bantuan bagi warga terdampak bencana di Kabupaten Kupang

Penulis: Ray Rebon | Editor: Ferry Ndoen
POS-KUPANG.COM/RAY REBON
Situasi warga masyarakat di Naibonat saat mendapat perhatian dari Yapenkar Kupang dan Provinsial SVD Timor, Sabtu (17/4). 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Ray Rebon

POS-KUPANG.COM | KUPANG--Yayasan Pendidikan Katolik Arnoldus (Yapenkar SVD) menyalurkan bantuan bagi warga terdampak bencana di Kabupaten Kupang.

Disaksikan POS-KUPANG.COM, Sabtu (17/4) Ketua Yapenkar SVD Kupang dan Provensial SVD Timor bersama Bruder serta Suster-suster SSPS sedang memberikan sosialisasi kepada warga terdampak bencana.

Kegiatan pemberian bantuan ini berlangsung di RT/03, RW/01 Naibonat, Kec Kupang Timur, Kab Kupang.

Di bawah tenda berukuran darurat itu menjadi tempat berbagi sekaligus penghiburan bagi warga terdampak bencana yangb saat ini masih trauma pasca bencana tersebut.

Terlihat di lokasi warga yang hadir mulai dari anak-anak hingga orang tua, turut mengambil bagian dalam mendengar arahan maupun kata-kata penghiburan dari pater-pater SVD.

Baca juga: Peduli Korban Bencana, Bhayangkari NTT Salurkan Bansos ke Tempat Ibadah Kota Kupang

Ketua Yapenkar SVD Kupang, P. Yulius Yasinto pada moment tersebut kepada warga terdampak menyampaikan bahwa pihaknya memberikan bantuan kepada warga terdampak sesuai dengan kebutuhan yang dibutuhkan saat ini.

Oleh sebab itu, sebelum menurunkan bantuan, pihaknya turun ke lokasi untuk mensurvei lokasi dan apa-apa saja yang dibutuhkan saat ini oleh masyarakat.

Maka, kata P. Yulius, hari ini pihaknya datang membawa dan memberikan bantuan yang dubutuhkan masyarakat terdampak bencana seperti, kasur, tempat memasak, beras dan bahan kebutuhan lainnya.

Baca juga: Gubernur Viktor Laiskodat Kunjungi Korban Bencana di Pulau Ndao, Nuse dan Lobalain

kepada masyarakat terdampak bencana, P. Yulius mengungkapkan bahwa, bantuan hari ini yang dibawah, tentunya nilainya sedikit, namun inilah bantuan yang dapat diberikan dari hati yang paling dalam.

Menurut dia, bantuan yang disalurkan ini bukan saja dari pihak mereka, melainkan dari pihak-pihak yang berada di tempat lain yang memberikan bantuan dari apa yang dimiliki.

"Hasil dari bantuan yang ada saat ini di depan bapak mama, bukan saja dari tangan kami, melainkan dari tangan-tangan orang-orang yang berada dari tempat berbeda, yang peduli dengan sesama yang ada di NTT," kata dia

"Jadi, bapak mama saat ini banyak mata yang tertuju kepada kita semua terkait bencana ini, maka kami hanya sebagai penyalur," sambungnya

Pada kesempatan itu juga, P. Didimus Nay, SVD, selaku Provinsial SVD Timor menyampaikan agar semua kaum SVD yang saat ini tinggal di daerah-daerah yang terdampak bencana, supaya aktif mengumpulkan data dan dapat bersama-sama melakukan penanganan darurat bencana ini.

Selain bantuan fi kabupaten kupang hari ini, kata Pater Didimus, pihaknya sudah memberikan bantuan secara totalitas di kabupaten malaka.

"Selama ini kami hanya fokus untuk membantu berikan pelayanan dan bantuan di kabupaten malak, namun untuk di Kabupaten kupang, baru saja saya mendengar, sehingga saya berkoorsinasi dengan teman-teman di kupang, dan mereka sudah berinisiatif untuk berikan bantuan," kata dia

Sehingga hari ini teman-teman SVD di Kupang secara langsung turun ke lokasi warga terdampak bencana untuk menyalurkan bantuan yang dibutuhkan saat ini.

Untuk bantuan saat ini dari SVD terpusat di Kabupaten Malaka, untuk daerah kupang saat ini baru berlangsung pemberian bantuan di Naibonat. Namun ada juga di wilayah Takari, namun data belum ada, tapi pihaknya akan berupaya supaya bantuan akan diberikan bagi warga disana.

Dia menambahkan bahwa, dari SVD sendiri akan memberikan perhatian lagi bagi warga terdampak bencana di daerah lain seperti, Alor dan Sabu. *)

Situasi warga masyarakat di Naibonat saat mendapat perhatian dari Yapenkar Kupang dan Provinsial SVD Timor, Sabtu (17/4).
Situasi warga masyarakat di Naibonat saat mendapat perhatian dari Yapenkar Kupang dan Provinsial SVD Timor, Sabtu (17/4). (POS-KUPANG.COM/RAY REBON)
Sumber: Pos Kupang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved