Breaking News:

Renungan Harian Katolik

Renungan Harian Katolik, Jumat 16 April 2021: SEDIKIT TERKADANG TIDAK DIANGGAP?

Injil hari ini berkisah tentang Yesus memberi makan kepada lima ribu orang.

Dok Pribadi
RD Hironimus Nitsae 

Renungan Harian Katolik, Jumat 16 April 2021: SEDIKIT TERKADANG TIDAK DIANGGAP? (Injil Yohanes 6:1-15)

Oleh: RD. Hironimus Nitsae

POS-KUPANG.COM - Injil hari ini berkisah tentang Yesus memberi makan kepada lima ribu orang. Kenyataan tentang memberi makan kepada lima ribu orang terjawab di akhir dari perikop ini.

Salah satu problem yang mencuat ke permukaan adalah tentang pernyataan Filipus dan Andreas. Bagi Filipus adalah mustahil bila roti seharga 200 dinar dapat mencukupkan perut lima ribu orang.

Sama halnya dengan Andreas. Baginya tidak mungkin bahkan sangat naif bila 5 roti dan 2 ekor ikan dapat memenuhi lapar lima ribu orang.

Sudut pandang yang ditampilkan oleh Filipus dan Andreas adalah semata-mata bicara soal sesuatu yang ada di depan mata. Selebihnya adalah kemustahilan.

Titik tolak pandang mereka selalu pada tataran fisik. Di satu sisi adalah wajar karena bagi mereka tidak mungkin makanan (roti dan ikan) seperti ini (dengan sangat sedikit) dapat diberi kepada mereka yang berjumlah ribuan orang.

Namun satu hal yang tidak mereka sadari adalah bahwa mereka berhadapan dengan Tuhan yang dapat mengubah ketidakpastian menjadi kepastian. Mengubah yang kurang menjadi lebih.

Sebenarnya inilah juga tentang kita.

Terkadang yang sedikit tidak pernah kita anggap. Bahkan tidak kita hargai. Kita lebih cenderung melihat yang mewah adalah tentang sesuatu yang besar dalam jumlah.

Halaman
12
Editor: Agustinus Sape
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved