Breaking News:

Ramadan 2021

Ramadan; Momentum Kembali Kepada Al-Quran

menghindari gibah karena banyaknya waktu luang digunakan untuk membaca Al-qur’an. Kelima, Al-qur’an menjadikan rumah semakin bercahaya

istimewa
Hasanah Purnamasari, S.H.I, M.Ag Dosen Ekonomi Syariah STAI Kupang 

POS KUPANG.COM ---Bulan Ramadhan disebut juga Syahrul Qur’an atau bulan dimana Al-Qur’an diturunkan, sehingga tadarus merupakan salah satu amal unggulan dibulan suci ramadhan ini. Menyibukkan diri dengan membaca Al-qur’an merupakan sarana yang paling utama untuk mendekatkan diri pada Allah SWT dan menggapai ridhoNya. 

Sebagai kitab suci, Al-qur’an tidak terdapat keraguan didalamnya dari segala aspek dan senantiasa relevan sepanjang masa. Kebangkitan intelektual, terciptanya ketetiban sosial bahkan tegaknya peradaban yang mendatangkan maslahat bagi seluruh umat manusia, tidak lepas dari interaksi umat Islam dengan Al-Qur’an. 

Bahkan, para saintis Muslim tedahulu seperti Ibnu Sina, Fakhrudin Ar-Razi, Ibnu Al-Haytam seluruhnya merupakan penghafal Al-Qur’an dan benar-benar dekat dengan Al-Qur’an.
Adalah sosok Imam Syafi’i yang memberikan inspirasi luar biasa terhadap interaksinya dengan Al-Qur’an. 

Beliau mampu mengkhatamkan Al-qur’an dengan pemahaman yang mendalam akan maknanya. Dengan ini, ada yang mesti kita perbaiki dalam diri, utamanya dalam memandang Al-Qur’an. Kita tidak boleh berlama-lama meninggalkan Al-qur’an apalagi dengan sengaja tanpa rasa penyesalan. 

Sebab, atas dasar apa kita merengkuh kemuliaan, sementara petunjuk kebenaran itu kita tinggalkan.
Buya hamka dalam bukunya yang berjudul Falsafah Hidup memberikan penjelasan akan hal itu, “Orang yang membaca Al-Qur’an dengan penuh minat, orang yang membersihkan jiwanya untuk mencari kebenaran dengan tanpa sepengetahuannya akan berjalan menuju filsafat.

” Disini, penuh minat dapat dimaknai sebagai tadabbur atau mengkaji Al-qur’an secara mendalam dan utuh serta menyeluruh guna dijadikan sebagai pencerah akal, pembimbing amal demi kebahagiaan dunia dan akhirat.

Berikut beberapa keutamaan tadarrus Al-qur’an di bulan ramadhan ialah; Pertama, mendapatkan pahala yang berlipat ganda. Rasulullah SAW bersabda, “Barangsiapa yang membaca satu huruf dari Al-qur’an maka ia akan mendapatkan satu kebaikan dan dari satu kebaikan itu berlipat sepuluh kebaikan. 

Aku tidak mengatakan alif, lam, mim sebagai satu huruf. Akan tetapi alif satu huruf, lam satu huruf dan mim satu  huruf.” (HR.Bukhari). Maka, sudah seharusnya semua umat Muslim berlomba-lomba dalam membaca Al-qur’an teutama di bulan suci ini. 

Kedua, Al-qur’an  mendatangkan syafa’at atau penolong di hari kiamat, sebagaimana sabda Rasulullah SAW: “Bacalah Al-qur’an karena sesungguhnya Al-qur’an itu nanti pada hari kiamat akan datang untuk memberikan syafa’at kepada orang yang membacanya.” (HR.Muslim).

Tidak ada yang dapat menolong manusia dari siksaan api neraka selain amal sholeh dan syafa’at. Ketiga, Al-qur’an sebagai obat penyakit hati dan fisik, cara yang sering dilakukan untuk mengobati diri adalah ruqyah.

Halaman
12
Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved