Bencana Alam NTT

KRI Ahmad Yani Bawa Logistik Bantuan Kemanusiaan Tanggap Darurat Bencana Ke Sabu Raijua

penyaluran bantuan dari Presiden RI Joko Widodo di wilayah bencana Kabupaten Lembata dan Flores Timur.

Penulis: Ryan Nong | Editor: Rosalina Woso
POS-KUPANG.COM/RYAN NONG
KRI Ahmad Yani yang bertolak dari Kupang untuk membawa logistik bantuan kemanusiaan bagi korban bencana di Sabu Raijua, NTT, Senin 12 April 2021pagi.   

KRI Ahmad Yani Bawa Logistik Bantuan Kemanusiaan Tanggap Darurat Bencana Ke Sabu Raijua

POS-KUPANG.COM | KUPANG -- Logistik bantuan kemanusiaan untuk tanggap darurat bencana Siklon Tropis Seroja bagi korban dan warga terdampak di Kabupaten Sabu Raijua NTT akhirnya diberangkatkan.

Logistik bantuan tanggap darurat bencana itu diangkut menggunakan KRI Ahmad Yani - 351 yang sedang melaksanakan operasi Tameng Nusa 21 BKO Guskamla Armada II dengan Komandan KRI Letkol Laut (P) Nopriadi, M.Tr.Hanla.

KRI Ahmad Yani bertolak dari Dermaga Mako Lantamal VII, Bolok, Kabupaten Kupang pada Senin,12 April 2021 pagi. Pendistribusian logistik dan material bantuan bagi korban bencana itu dipimpin langsung Danlantamal VII Kupang, Laksma TNI IG. Kompiang Aribawa, CHRMP yang On Board di KRI Ahmad Yani-351.

Baca juga: Pasca Badai Seroja, Akses Jalan Putus di Wilayah Amfoang, Bantuan Logistik Pemprov NTT Pakai Heli

Sebelumya, KRI Ahmad Yani-351 tiba di Kupang pada Minggu 11 April 2021 setelah mendukung kegiatan pengamanan kunjungan dan penyaluran bantuan dari Presiden RI Joko Widodo di wilayah bencana Kabupaten Lembata dan Flores Timur.

Menurut Laksma TNI IG. Kompiang Aribawa, CHRMP,  keberadaan KRI Ahmad Yani akan digunakan sebagai alat transportasi untuk mendukung penyaluran bantuan logistik dan material bantuan kemanusiaan bagi korban bencana khususnya di Kabupaten Sabu Raijua yang merupakan wilayah kerja Lantamal VII.

Baca juga: Rencana Relokasi, Pemprov NTT Minta Pemkab Segera Putuskan Lokasi Pembangunan

Ikut dalam pelayaran kemanusiaan tersebut, Asops Danlantamal VII Kolonel Laut (P) Jales Jamca Jayamahe, Kadispotmar Lantamal VII, 10 personel Yonmarhanlan VII Kupang, 15 Personel Kodim Kupang, 11 personel Tim Medis PT. Bukit Asam TBK, 5 personel Pemuda GMIT, 2 personel BNPB, 4 personel Menwa, 2 personel BRI Kupang dan 4 wartawan. Sebelumnya para personel yang ikut on board terlebih dahulu dilaksanakan swab test oleh Personel Diskes Lantamal VII dengan hasil semuanya negatif atau non reaktif.

Bantuan kemanusiaan yang didistribusikan berasal dari Majelis Sinode GMIT, PT Bukit Asam TBK, Yayasan Artha Graha Peduli, BNPB dan IRGSC yang dikoordinir Posko Tanggap Darurat Bencana Siklon Tropis Seroja NTT.

Pelayaran kemanusiaan tersebut selaras dengan perintah harian Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., untuk menjalin soliditas dengan segenap komponen pertahanan dan keamanan negara menuju sinegritas dalam kesemestaan.

Baca juga: Bupati Djafar Serahkan Bantuan Bagi warga Pulau Ende Korban Siklon Tropis Seroja

Selain itu menjaga kepercayaan negara dan rakyat kepada TNI Angkatan Laut melalui kerja nyata yang bermanfaat bagi institusi, masyarakat, bangsa dan negara serta keberadaan TNI AL dimana pun berada harus bermanfaat bagi masyarakat sekitar.

Keberangkatan KRI AMY-351 didahului dengan plug yang dihadiri para Asisten Danlantamal VII, Dansatrol Lantamal VII, Ka Kuwil Lantamal VII, Danyonmarhanlan VII Kupang, Para Kasatker Lantamal VII, Perwira, Bintara dan Tamtama Mako Lantamal VII serta Pengurus Korcab VII DJA II.

Koordinator Pengelolaan Sumbangan Para Pihak, Satgas Tanggap Darurat  Bencana Siklon Seroja NTT, Silvy Pekujawang mengatakan, pendistribusian logistik untuk wilayah Sabu Raijua sejatinya direncanakan pada Minggu namun mengalami penundaan.

Baca juga: Pemprov NTT Salurkan 20 Ton Beras Ke Kabupaten Kupang

Pihaknya berharap, logistik bantuan tanggap darurat bencana langsung didistribusikan kepada para korban dan warga yang terdampak. (Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Ryan Nong)

Sumber: Pos Kupang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved