Breaking News:

Bencana Alam NTT

Ratusan Hektar Sawah di Pulau Adonara, Kabupaten Flores Timur - NTT Rusak Diterjang Banjir Bandang

Ratusan hektar padi yang siap panen rata dengan tanah dihajar banjir bandang di Pulau Adonara, tepatnya di Desa Oyangbarang, Kecamatan Wo

Editor: Ferry Ndoen
istimewa
Kepala Desa Oyangbarang, Laurensius Herin (istimewa) 

POS-KUPANG.COM,KUPANG- Ratusan hektar padi yang siap panen rata dengan tanah dihajar banjir bandang di Pulau Adonara, tepatnya di Desa Oyangbarang, Kecamatan Wotan Ulumado, Kabupaten Flores Timur, Nusa Tenggara Timur.

Kepala Desa Oyangbarang Laurensius Herin mengaku padi yang siap panen hancur semua akibat banjir bandang yang melanda desanya.

"Untuk padi saya perkiraan yang siap mau panen tersebar di lima dusun itu ada sekitar ratusan hektare dan rusak akibat dihangam banjir bandang. Selain padi, sebagian jagung juga habis rata dengan tanah," ujarnya kepada wartawan, Senin (12/4/2021).

Selain padi dan jagung, kata dia, hewan milik warga seperti kambing, ayam, anjing dan babi juga tersapu di bawah banjir bandang ke laut. Saat ini, ia masih mendata jumlah hewan warga yang hilang akibat banjir bandang yang baru pertama kali terjadi di desanya, di Pulau Adonara.

Banjir bandang ini juga merusak pipa-pipa air yang ada sehingga warga menjadi kesulitan air minum. Selain itu, banyak jalan dan jembatan yang tersebar di lima dusun di desanya rusak berat hingga mengakibatkan akses transportasi putus total.

Terkait korban jiwa, Laurensius menyampaikan ada tiga warganya yang menjadi korban jiwa akibat banjir ini. Dua warga dinyatakan meninggal dunia, satu warga hilang dan masih dalam proses pencarian oleh relawan.

"Satu warga kita belum temukan. Kita masih melakukan pencarian," tuturnya.

Selain itu, ada sekitar 119 warga yang terdampak banjir bandang menjadi korban bencana ditampung di rumah-rumah warga.

"Warga terdampak itu kita tampung di rumah-rumah warga yang tidak kena dampak. Jadi mereka tidur dan makan di rumah-rumah warga," pungkasnya. (Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Amar Ola Keda)

Kepala Desa Oyangbarang, Laurensius Herin (istimewa)
Kepala Desa Oyangbarang, Laurensius Herin (istimewa) (istimewa)
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved