Breaking News:

Bencana Alam NTT

Peduli Terhadap Korban Banjir Bandang dan Tanah Longsor di Adonara, F-AMATIR Galang Donasi, Info

Badai Siklon Tropis Seroja menghujam seluruh wilayah NusaTenggara Timur (NTT) beberapa hari lalu mengakibatkan banyak korban nyawa d

istimewa
F-AMATIR sedang menggalang dana. 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Robert Ropo

POS-KUPANG.COM | BORONG---Badai Siklon Tropis Seroja menghujam seluruh wilayah NusaTenggara Timur (NTT) beberapa hari lalu mengakibatkan banyak korban nyawa dan korban material. Tidak terkecuali di wilayah Adonara Kabupaten Flores Timur banyak puluhan nyawa melayang dan ratusan mengungsi serta banyak pula kerugian material akibat banjir bandang dan tanah longsor.

Ucapan duka dan keprihatian datang dari berbagai daerah di Indonesia. Tak terkecuali, Forum Anak Muda Manggarai Timur (F-AMATIR) yang juga memiliki kepedulian yang tinggi terhadap para korban khususnya bagi korban banjir bandang dan tanah longsor di Adonara. 

Karena itu, F-AMATIR menggalang donasi untuk para korban. Penggalangan bantuan itu dimulai sejak 7 hingga 14 April 2021 mendatang.

Sejumlah anak muda yang tergabung dalam forum itu melakukan penggalangan bantuan dari rumah ke rumah dan di sejumlah titik keramaian di Borong, ibu kota Manggarai Timur.Selain itu, mereka juga melakukan penggalangan secara online dan membuka posko di Peot, Kelurahan Satar Peot.

Baca juga: Tetap Hati-Hati, Sejumlah Daerah di NTT Berpotensi Hujan Sedang Hingga Lebat, Petir, Angin Kencang

Adapun bantuan yang mereka terima yakni pakaian, makanan, obat-obatan, dan uang tunai. Hingga hari kedua, Kamis (8/4/2021), ada puluhan dos pakaian, makanan dan obat-obatan yang sudah berhasil terkumpul dari orang-orang yang penuh kepedulian terhadap para korban bencana. Sedangkan total bantuan dana yang sudah masuk yakni Rp 11.738.000.

Baca juga: Puluhan Kendaraan Siap di Bandara Wunopito Jemput Presiden Jokowi

Baca juga: BREAKING NEWS : Presiden Jokowi Tinjau Korban Bencana di Adonara dan Lembata NTT

Koordinator F-AMATIR, Pankrasius Purnama, kepada POS-KUPANG.COM, Jumat (9/4/2021) menyampaikan terima kasih kepada para donatur yang telah rela berbagi dengan korban bencana di Adonara. Begitu juga disampaikan terima kasih kepada rekan-rekannya di forum tersebut yang telah meluangkan waktu untuk melakukan aksi penggalangan bantuan.

Baca juga: Presiden Jokowi Hari Ini Tinjau Bencana Alam Adonara di Desa Nelelamadike, Korban Meninggal Dunia

Dikatakan, Engkos yang disapa ini, F-AMATIR sudah dua kali melakukan aksi serupa. Pada 2019, mereka melakukan penggalangan bantuan untuk korban bencana longsor di Melo, Kabupaten Manggarai Barat. 

"F-AMATIR menjadi wadah bagi anak muda di Manggarai Timur yang punya kepedulian yang sama terhadap korban bencana,"papar Engkos.

Engkos mengatakan, sesuai rencana,  bantuan dari para donatur itu akan diantar langsung ke Flores Timur, setelah kegiatan penggalangan ditutup.

"Semoga selama beberapa hari ke depan, semakin banyak orang yang mau membantu saudara-saudari kita di Adonara," harapnya.

"Para calon donatur bisa mengantar langsung bantuan di posko F-AMATIR di Kios Legory, Peot, Kelurahan Satar Peot," pungkasnya.

Adapun sejumlah komunitas yang tergabung dalam F-AMATIR yakni KPS (Komunitas Pungut Sampah), Cangkir-16, Alumni Makassar, Osis SMAN 3 Borong dan Remaja Masjid Nurul Jihad Borong. (*)

F-AMATIR sedang menggalang dana.
F-AMATIR sedang menggalang dana. (istimewa)
Penulis: Robert Ropo
Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved