Breaking News:

Bencana Alam NTT

Generasi Muda Rayuan Lembata Galang Dana Bantu Korban Banjir Bandang

Generasi muda Rayuan di kabupaten Lembata menggelar aksi galang dana untuk membantu para korban bencana banjir bandang dan tanah longsor

istimewa
Generasi Rayuan 

POS-KUPANG.COM | KUPANG - Generasi muda Rayuan di kabupaten Lembata menggelar aksi galang dana untuk membantu para korban bencana banjir bandang dan tanah longsor di kabupaten Lembata yang terjadi pada Minggu 4 April 2021dinihari.

Koordinator aksi, Abu Darwis mengatakan kegiatan tersebut bermaksud untuk membantu beban yang dialami oleh para korban akibat musibah ini.

"Beberapa hari ini saya mendengar keluhan saudara-saudari kita di posko-posko bahwa masih banyak belum menerima logistik bantuan, terutama di posko mandiri, maka kami berinisiatif untuk galang dana dan ini semua untuk keluarga kita yang sedang terkena bencana" jelas Darwis, Kamis 8 April 2021.

Ia menyampaikan masyarakat Ile Ape menjadi korban musibah untuk kali kedua setelah sebelumnya terjadi erupsi gunung Ile Lewotolok pada November 2020 silam.

Baca juga: Percepat Pencarian Jenasah korban Bencana, Polri Turunkan 6 Anjing Pelacak di Lembata dan Adonara

Selain trauma, kata Darwis, masyarakat juga banyak kehilangan harta dan juga mata pencaharian akibat berbagai musibah yang terus terjadi di kecamatan tersebut.

Ia menambahkan, lambannya penanganan dari pemerintah setempat juga menjadi masalah besar yang mestinya hal tersebut tidak terjadi ditengah situasi seperti saat ini.

"Harus ada respon cepat dari pemkab. Relawan yang ada dilapangan juga harus di perhatikan. Makan dan minumnya relawan, dan yang paling penting adalah para korban terdampak agar menjadi perhatian serius" tandasnya.

Darwis juga mengajak kepada semua masyarakat Lembata agar bersama-sama saling membantu menghadapi masalah ini dengan tidak saling menyalahkan.

Berdasarkan data pada tanggal 5 April 2021 yang dirilis oleh pemkab Lembata, bencana banjir dan longsor ini, terjadi di empat kecamatan dengan korban meninggal dunia 16 orang, korban hilang 51 orang, korban luka-luka 49 orang dan total pengungsi 958 jiwa serta total terdampak 12. 144 jiwa dengan total kerugian mencapai 34 miliar lebih. (Laporan reporter POS-KUPANG.COM, Irfan Hoi)

Generasi Rayuan
Generasi Rayuan (istimewa)
Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved