Breaking News:

Renungan Harian Katolik

Renungan Harian Katolik, Rabu 7 April 2021: Perjalanan ke Emaus

Ada ungkapan terkenal, "Perjalanan paling panjang ialah perjalanan masuk dalam dunia batin!"

Dok Pribadi
RD Eman Kiik Mau 

Renungan Harian Katolik, Rabu 7 April 2021: Perjalanan ke Emaus (Luk 24:13-35)

Oleh : RD. Eman Kiik Mau

POS-KUPANG.COM - Ada ungkapan terkenal, "Perjalanan paling panjang ialah perjalanan masuk dalam dunia batin!"

Untuk masuk dan akrab dengan diri dibutuhkan suatu usaha dan komitmen.

Saat berada dalam kesedihan dan kekecewaan, orang sangat mudah untuk menyerah. Apa yang diharapkan dan dicita-citakan seakan-akan suatu janji palsu. Tak jarang orang menjadi putus asa dan lari dari kenyataan hidup yang pahit ini.

Dalam situasi seperti ini, bila orang mengundang Tuhan dalam perjalanan hidupnya, maka ia akan mengalami bahwa Tuhan sedang mengajarkan hal yang baik untuk hidupnya.

Dinamika perjalanan hidup mengikuti Yesus pun dialami oleh kedua murid dalam perjalanan ke Emaus. Peristiwa penderitaan dan wafat Yesus membuat mereka meninggalkan Yerusalem. Kesedihan dan kekecewaan akan harapan yang dijanjikan seakan-akan sirna. Inilah yang mengantar mereka pada kegelapan iman dan lari dari kumpulan para murid Yesus.

Baca juga: Renungan Harian Katolik, Rabu 7 April 2021: TUHAN BERJALAN BERSAMA KITA

Kegelapan iman inilah yang menghalang mereka untuk mengenal Yesus. Yesus membuka pikiran kedua murid ini dengan menjelaskan seluruh isi Kitab Suci. Hati mereka berkobar-kobar mendengar penjelasan Yesus serta mengundang Yesus untuk tinggal bersama mereka. Saat Yesus memecahkan roti, terbukalah mata mereka dan mengenali bahwa itu Yesus.

Perjalanan kedua murid ke Emaus mewakili kita yang sedang melakukan perjalanan batin untuk menemukan apa yang sungguh menyelamatkan kita. Itulah jalan dalam misteri Ekaristi.

Lewat Sabda Tuhan kita mendapatkan suatu pengajaran, didikan bahkan teguran dari Tuhan. Lewat Ekaristi, kita sungguh mengenal Tuhan. Setiap orang yang bertemu Tuhan dalam Ekaristi, akan mengalami suatu perubahan dalam hidup sama seperti kedua murid Emaus. Ekaristi mengubah hidup kita sehingga menjadikan kita saksi kebangkitan Yesus yang mulia.

Baca juga: Renungan Harian Katolik, Selasa 6 April 2021: Tuhanku Telah Diambil Orang

Tuhan Yesus, tinggallah selalu bersama kami dalam dinamika hidup ini sebab hari telah menjelang malam. Amin.*

Ikuti artikel-artikel renungan harian katolik DI SINI

Editor: Agustinus Sape
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved