Breaking News:

Bencana Alam NTT

Organisasi Kepemudaan Sumba Barat Daya Galang Dana Peduli Korban Banjir

kegiatan penggalangan dana peduli korban banjir bandang  yang melanda  sejumlah wilayah di NTT seperti Adonara, Kabupaten Flores Timur

Organisasi Kepemudaan Sumba Barat Daya Galang Dana Peduli Korban Banjir
POS-KUPANG.COM/PETRUS PITER
Sejumlah organisasi pemuda SBD melakukan penggalangan dana peduli warga korban banjir di Kota Tambolaka, SBD, Selasa 6 April 2021 

Organisasi Kepemudaan Sumba Barat Daya Galang Dana Peduli Korban Banjir

POS-KUPANG.COM|TAMBOLAKA--Organisasi kepemudaan Sumba Barat Daya diantaranya GMKI, GMNI,  anak muda lamaholot, ikatan keluarga besar Lembata, pewarta SBD, Pappri SBD, KNPI dan sejumlah organisasi kepemudaan lainnya menggelar kegiatan penggalangan dana peduli korban banjir bandang.

Korban banji Bandang  yang melanda  sejumlah wilayah di NTT seperti Adonara, Kabupaten Flores Timur, Lembata, Alor dan Sumba Timur, Selasa 6 April 2021.

Kegiatan penggalangan dana peduli korban banjir bandang tersebut berlangsung didua titik yakni simpang SPBU Rada Mata dan jalan raya depan lapangan Galatama.

Warga yang melintas  memberhentikan sementara kendaraan untuk menanyakan maksud kegiatan tersebut dan seterusnya memberikan sumbangan seadanya.

Ketua Anak Muda Lamaholot (KAML), Bustanil Bassarudin mengatakan, aksi ini sebagai bentuk kepedulian masyarakat Sumba Barat Daya  atas peristiwa banjir bandang yang melanda hampir semua wilayah di NTT.

Hal itu  karena warga korban bencana alam tersebut  sangat membutuhkan bantuan masyarakat NTT khususnya maupun indonesia umumnya.

Baca juga: Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat, Puji Penanganan Korban Banjir di Kabupaten Malaka

Baca juga: Kisah Korban Banjir di Bena TTS, Gendong Anak Sambil Berjalan Di Dalam Air Setinggi Dada

Berdasarkan data yang  diperoleh korban meninggal dunia akibat banjir  bandang di Kabupaten Flores Timur sebanyak 72 orang, Lembata 67 orang dan Alor 12 orang.

Kejadian tersebut menjadi perhatian seluruh masyarakat NTT termasuk SBD untuk mengambil bagian dengan cara masing-masing meringankan beban  penderitaan  para korban banjir bandang itu.

Untuk itu bersama sejumlah organisasi kepemudaan di SBD bersepakat  menggelar aksi sosial  peduli korban banjir bandang di sejumlah wilayah  di NTT hingga dua minggu ke depan. Selain melakukan penggalangan dana juga menghimpun bantuan sembako ataupun pakaian bekas.

Sementara itu Ketua Ikatan Keluarga Besar Lembata, Novan Hekur, secara terpisah mengatakan bantuan tersebut akan disalurkan  langsung ke daerah  terdampak melalui satu pintu yakni posko bersama yang telah dibentuk sebelumnya.

Harapannya agar bantuan tersebut tepat sasaran sampai kepada warga korban dampak bencana alam.

Baca juga: BNPB Datangkan SAR Dog Bantu Pencarian Korban Hilang di Adonara, Lembata dan Alor 

Baca juga: Banjir Bandang dan Longsor di Adonara Kabupaten Flores Timur, Akses Jalan Putus Total

Hal senada juga disampaikan ketua GMKI Cabang Tambolaka, Sumba Barat Daya, Ishak Carles. Menurutnya aksi ini adalah aksi kemanusiaan yang bertujuan membantu meringankan beban saudara saudari kita yang saat ini sedang mengalami penderitaan akibat banjir bandang itu.

Donasi yang terkumpul  hari ini, Selasa 6 April 2021  sebesar Rp 10.637.000. (Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Petrus Piter)

Penulis: Petrus Piter
Editor: Rosalina Woso
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved