Breaking News:

China Ancam Jepang Bila Kerjasama dengan Amerika Serikat Lawan Beijing, Tokyo Tak Peduli

Namun di sisi lain, China juga terus menganggu Jepang dengan mengklaim Kepuluan Senkaku yang kini dimiliki Jepang meskpun secara geografis dengan deng

Editor: Alfred Dama
Via Kontan.co.id
Presiden China Xi Jingping di Jepang , China Ancam Jepang Bila Kerjasama dengan Amerika Serikat Lawan Beijing, Tokyo Tak Peduli 

POS KUPANG.COM -- China tak mau Jepang dibantu Amerika Serikat dalam urusan yang berlawan dengan China

Namun di sisi lain, China juga terus menganggu Jepang dengan mengklaim Kepuluan Senkaku yang kini dimiliki Jepang meskpun secara geografis dengan dengan daratan China

Kepulauan itu sangat sangat strategis dan bisa menjadi ancaman bagi China bila dibangun pangkalan militer

China memperingatkan Jepang agar tidak bekerjasama dengan Amerika Serikat untuk melawan China, menjelang KTT AS-Jepang minggu depan.

Dia Menteri Luar Negeri China Wang Yi menyampaikan peringatan itu kepada Menteri Luar Negeri Jepang Toshimitsu Motegi melalui panggilan telepon pada Senin malam (5 April)

Baca juga: Perang Besar Bisa Dimulai, Kapal Perang China dan AS Adu Kuat di Laut China Selatan, RI Berdampak

Baca juga: China Mulai Kepung Taiwan, Kini Provokasi dengan Pengerahan Pasukan Besar-besaran, Taipei Siaga

Baca juga: China Kebakaran Jenggot Hingga ProtesMesranya Hubungan Jepang-Indonesia,Pejabat Jepang:Biarkan Saja

"China dan Jepang harus memastikan, hubungan bilateral tidak terlibat dalam apa yang disebut konfrontasi antara negara-negara besar," kata Wang dalam sebuah pernyataan yang dirilis Kementerian Luar Negeri China, seperti dikutip Channel News Asia.

"China berharap, Jepang, sebagai negara merdeka, akan melihat perkembangan China secara obyektif dan rasional, alih-alih disesatkan oleh beberapa negara yang memiliki pandangan bias terhadap China," ujar Wang.

Jepang, sekutu dekat AS yang menjadi tuan rumah pangkalan Angkatan Laut dan Angkatan Udara utama Amerika, berbagi keprihatinan Washington tentang penumpukan militer China dan klaim atas wilayah di Laut China Selatan dan Timur.

Namun, kepentingan perdagangan dan investasi utamanya di China terkadang mengekang kritik Jepang terhadap tetangganya yang lebih besar itu.

Menentang campur tangan Jepang
Perdana Menteri Jepang Yoshihide Suga melakukan perjalanan ke Washington untuk bertemu dengan Presiden Joe Biden pada 16 April nanti dalam pertemuan yang akan menjadi pertemuan langsung pertama pemimpin AS itu sejak menjabat Januari lalu.

Halaman
12
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved