Breaking News:

Bencana Alam NTT

BPBD Sumba Barat Evakuasi 288 Warga Korban Banjir  Kali Wanokaka, Sumba Barat Ke Posko Pengungsian

BPBD Sumba Barat evakuasi 288 warga Korban Banjir Kali Wanokaka, Sumba Barat ke Posko Pengungsian

POS-KUPANG.COM/PETRUS PITER
Warga korban banjir Kali Wanokaka menempati posko sementara di kediaman Kepala Desa Wanokaka, Sumba Barat dan sedang menjalani pemeriksaan kesehatan, Senin (5/4/2021) 

BPBD Sumba Barat evakuasi 288 warga Korban Banjir Kali Wanokaka, Sumba Barat ke Posko Pengungsian

POS-KUPANG.COM | WAIKABUBAK---Tim gabungan Badan penanggulangan bencana daerah ( BPBD) bersama anggota Polres Sumba Barat dan Kodim 1613 Sumba Barat, Senin (5/4/2021) berhasil  mengevakuasi 67 kepala keluarga atau 288 jiwa warga Desa Baliloku dan Waihura, Kecamatan Wanokaka, Sumba Barat yang rumahnya terendam banjir akibat kali Wanokaka meluap sebagai dampak dari hujan deras yang terjadi sejak Jumat (2/4/2021).

Kini, ke-288 jiwa tersebut dibawah ke posko penampungan sementara di kediaman Kepala Desa Baliloku, Kecamatan Wanokaka, Sumba Barat, Senin (5/4/2021) siang hingga sore hari.

Demikian disampaikan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Sumba Barat, Yanis Lubalu didampingi Camat Wanokaka, Lukas Todu Pewu, S.H dan Kepala Desa Baliloku, Umbu  Duang Maupadji, S.Sos di posko penampungan sementara warga korban banjir di kediaman Kepala Desa Baliloku, Kecamatan Wanokaka, Sumba Barat, Senin (5/4/2021) sore.

Baca juga: Bupati Sunur Sebut 42 Korban Banjir Ile Ape Belum Ditemukan

Baca juga: Angin Kencang Porak-Porandakan Atap Seng Kepala Stasi Jaong Satar Mese, Manggarai

Menurutnya, selain merendam 40 rumah warga tersebut juga merendam tanaman padi sawah milik petani sekitar 70 ha. Akibatnya para petani terancam gagal panen. Pasalnya padi yang sebagian siap panen dan lainnya baru berbunga bisa saja busuk bila terendam air cukup lama.

Untuk penangananan sementara pengungsi, pihaknya bersama TNI dan POLRI, kecamatan dan desa membangun dapur umum. Selain itu pihaknya bekerjasama dengan Puskesmas Laihuruk Wanokaka  melakukan pemeriksaan kesehatan terhadap warga korban banjir dan pemberian vitamin.

Untuk sementara ini, kondisi warga korban banjir baik dan pihaknya terus melakukan  penanganan sampai kondisi kembali normal.

Baca juga: BMKG Berikan Peringatan Dini Siaga Terhadap Potensi Banjir dan Tanah Longsor di Wilayah NTT

Baca juga: Pasca Seroja, Antrean di SPBU Fatululi Membeludak

Seperti disaksikan POS-KUPANG.COM di lokasi  penampungan sementara warga korban banjir di kediaman Kepala Desa Baliloku, Kecamatan Wanokaka, Sumba Barat, Senin (5/4/2021) sore, ratusan warga tersebut menempati sebuah rumah panggung cukup besar, sebagian lainnya sedang menjalani pemeriksaan kesehatan oleh tim kesehatan Puskesmas Laihuruk Wanokaka di sebuah lopo yang cukup besar berada dibelakang rumah panggung. Dan terdapat pula sebuah bangunan rumah lainnya yang bisa digunakan warga bila jumlah korban terus bertambah.

Sedangkan pantauan di lokasi kejadian puluhan rumah terendam banjir akibat luapan air kali Wanokaka yang sangat deras  kondisi itu diperparah akibat pasang laut sehingga air tidak dapat mengalir ke laut tetapi justru tertahan dan meredam rumah dan tanaman padi pada hamparan  rata yang membetang luas disepanjang pinggir kali Wanokaka dan Pantai Wanokaka. Warga terpaksa dievakuasi karena air sudah cukup tinggi dan terus bertambah akibat hujan terus terjadi sepanjang hari, Senin (5/4/2021). (Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Petrus Piter)

Berita Bencana Alam NTT

Penulis: Petrus Piter
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved