Breaking News:

Bencana Alam di NTT

Kali Wanokaka Meluap Rendam 20 Rumah Warga Dan 40 Ha Tanaman Padi Siap Panen

kali Wanokaka meluap hingga merendam 20 rumah warga yang berada di pinggir kali dan pesisir pantai Wanokaka

Penulis: Petrus Piter | Editor: Kanis Jehola
Kali Wanokaka Meluap Rendam 20 Rumah Warga Dan 40 Ha Tanaman Padi Siap Panen
POS-KUPANG.COM/PETRUS PITER
Rumah warga di Wanokaka, Sumba Barat terendam banjir akibat hujan deras terjadi Sabtu (3/4/2021) dan Minggu (4/4/2021)

POS-KUPANG.COM | WAIKABUBAK---Camat Wanokaka, Kabupaten Sumba Barat, Lukas Lodu Pewu, S.H mengatakan akibat hujan terjadi selama beberapa hari terakhir ini  terutama hujan deras yang terjadi   pada hari Sabtu (3/4/2021) dan Minggu (4/4/2021) menyebabkan kali Wanokaka meluap hingga merendam 20 rumah warga yang berada di pinggir kali dan pesisir pantai Wanokaka.

Dampak lainnya adalah meredam 40 hektar are tanaman padi milik petani siap panen di Desa Baliloku dan Waihura, Kecamatan Wanokaka, Sumba Barat.

Demikian disampaikan Camat Wanokaka, Kabupaten Sumba Barat, Lukas Lodu Pewu, S.H yang dikonfirmasi POS-KUPANG.COM ke telepon selulernya, Minggu (4/4/2021)  pukul 17.00 wita. Saat  dihubungi Camat Lukas Lodu Pewu mengaku sedang memantau  kejadian 20 rumah warga terendam banjir berikut  40 ha tanaman padi siap panen milik petani terendam banjir di Desa Baliloku dan Waihura, Kecamatan Wanokaka, Sumba Barat, Minggu (4/4/2021) sore.

Baca juga: Tragedi Minggu Paskah 2021,44 Warga Adonara Tewas Tertimbun Longsor, 7 Lainnya Hilang

Baca juga: Jembatan Lama di Kambaniru, Sumba Timur Ambruk

 

Hingga pukul 19.00 wita, Camat Wanokaka, Sumba Barat, Lukas Lodu Pewu, S.Hmengaku masih berada di lokasi dan sedang berbicara dengan warga korban terendam banjir. Dalam pertemuan itu, ia  sempat menanyakan apakah warga mau pindah dan ternyata warga mengaku masih bertahan mengingat semenjak sore hingga malam hari, hujan sudah berhenti. Namun, kondisi air belum surut karena sedang terjadi pasang laut. Diperkirakan bila terjadi pasang surut maka air segera surut pula.  Maklum karena rumah warga tersebut berada dipinggir kali Wanokaka dan pesisir pantai Wanokaka, Sumba Barat.

Namun demikian, warga mengaku tetap waspada bila kembali terjadi hujan dan air kali Wanokaka meluap merendam rumah bertambah tinggi maka warga akan memilih mengungsi ke keluarga sekitar. Umumnya model rumah warga adalah rumah panggung sehingga warga masih bisa bertahan dengan kondisi yang terjadi sekarang.

Pihaknya juga memantau persawahan warga sekitar dan nampak sekitar 40 ha tanaman padi milik petani siap panen terendam banjir. Memang, belum seluruhnya tanaman padi sudah siap panen.

Baca juga: Kemiringan Jembatan Benenain Di atas 45 Derajat, Arus Transportasi Lumpuh Total

Baca juga: Jembatan Fatubenao di Belu Retak, Transportasi Masih Lancar

Ia juga mengaku, telah melaporkan kejadian itu kepada Kepala BPBD Sumba Barat, Yanis Lubalu. Mudah-mudahan secepatnya mendapatkan bantuan bagi warga korban banjir itu.

Sementara itu Kepala BPBD Sumba Barat, Yanis Lubalu yang dikonfirmasi ke telepon selulernya, Minggu (4/4/2021) pukul 19.00 wita mengaku sejak sore tadi, turun ke lokasi kejadian puluhan rumah dan lahan sawah terendam banjir mengecek kondisi yang terjadi. Karena itu,  pihaknya akan melakukan rapat untuk memutuskan pemberian bantuan darurat bagi warga yang rumahnya terendam banjir.(Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Petrus Piter)

Berita Bencana Alam di NTT

Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved