Breaking News:

274 Anak di Desa Reroroja Rekam Kartu Identitas Anak, Ini Tujuannya

Perekaman KIA bagi siswa dua sekolah yakni SDI Mageloo dan SMP Negeri Reroroja ini dilaksanakan pihak Desa Reroroja

Penulis: Aris Ninu | Editor: Rosalina Woso
DINAS KOMINFO SIKKA/PK
Perekaman KIA di Desa Reroroja, Kecamatan Magepanda, Sikka. 

274 Anak di Desa Reroroja Rekam Kartu Identitas Anak, Ini Tujuannya

POS-KUPANG.COM | MAUMERE--Sebanyak 174 anak di Desa Reroroja, Kecamatan Magepanda, Kabupaten Sikka mengikuti kegiatan perekaman Kartu Identitas Anak (KIA).

Perekaman KIA bagi siswa dua sekolah yakni SDI Mageloo dan SMP Negeri Reroroja ini dilaksanakan pihak Desa Reroroja di aula kantor desa, Jumat 26 Maret 2021

"Jumlah anak yang direkam KIA ada sebanyak 274 orang, dari dua sekolah yakni SD Inpres Mageloo dan SMP Negeri Reroroja," kata Pejabat Kepala Desa Reoroja, Petrus Bura, A.Md. saat dikonfirmasi wartawan di sela sela kegiatan, Jumat (26/3/2021) pagi.

Ia menjelaskan, sesuai Permendagri Nomor 2 Tahun 2016 manfaat KIA antara lain melindungi pemenuhan hak anak dan menjamin akses sarana umum.

"Selain itu, untuk mencegah terjadinya perdagangan anak. KIA menjadi bukti identifikasi diri ketika anak sewaktu-waktu mengalami peristiwa buruk, " kata Petrus.

Ia menambahkan, manfaat KIA juga untuk memudahkan anak mendapatkan pelayanan publik di bidang kesehatan,  pendidikan, imigrasi, perbankan dan transportasi.

Ia berharap agar perekaman KIA ke depannya dapat dijadwalkan Dinas Kependudukan Kabupaten Sikka untuk perekaman KIA bagi anak anak di tiga sekolah yakni SD Inpres Koro, SD Inpres Dulu dan SDK Wolo One, yang total siswanya lebih dari 400 anak.

Baca juga: Vaksinasi Covid Tahap Ketiga Masih Diprioritaskan Untuk Pelayan Publik di Kabupaten Sikka

Baca juga: Camat Niko dan Jajarannya Sambangi Warga Pulau Terluar di Alok Timur, Kabupaten Sikka

"Di sini (Desa Reroroja) ada empat SD dan satu SMP. Jadi yang baru terlayani baru satu SD dan satu SMP mengingat masih situsi Covid. Tadi pelaksanaannya juga sesuai protokol kesehatan Covid-19," papar Petrus.(Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Aris Ninu)

Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved