Breaking News:

Berita TTS Terbaru

Sikapi Kasus Internet Desa, Komisi 1 Panggil PMD, Inspektorat dan Tatapem

kasus Internet Desa yang menyita perhatian publik saat ini mendapat perhatian serius oleh Komisi 1 DPRD TTS. Ketua Komisi 1 DPRD TTS, Uksam Selan meng

Penulis: Dion Kota | Editor: Ferry Ndoen
PK/Dion Kota
Anggota DPRD Kabupaten TTS, Uksam Selan 

Laporan Reporter Pos-Kupang. Com, Dion Kota 

POS-KUPANG.COM | SOE - Kasus Internet Desa yang menyita perhatian publik saat ini mendapat perhatian serius oleh Komisi 1 DPRD TTS. Ketua Komisi 1 DPRD TTS, Uksam Selan mengatakan, pihaknya telah mengeluarkan undangan untuk menggelar rapat bersama Tatapem, Inspektorat dan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten TTS pada Selasa (23/3/2021) mendatang. 

" Selasa kita agenda rapat bersama dengan Dinas PMD, inspektorat dan Tatapem," ungkap Uksam kepada POS-KUPANG.COM, Minggu (21/3/2021).

Ditanya terkait agenda rapat bersama tersebut, Uksam menjelaskan, komisi 1 ingin mendengar penjelasan terkait tahapan pelaksanaan program internet desa. Pasalnya, menurut informasi yang didapat komisi 1, sosialisasi pelaksanaan program internet desa tidak difasilitasi oleh Dinas PMD, tetapi malah difasilitasi Tatapem. Padahal, urusan pemerintahan desa khususnya program kegiatan yang didanai dana desa maupun alokasi dana desa harus difasilitasi oleh Dinas PMD bukan Tatapem.

" Ada informasi jika sosialisasi internet desa ini justru difasilitasi oleh Tatapem bukan Dinas PMD. Tatapem seharusnya hanya mengurus terkait kecamatan dan kelurahan, sedangkan desa menjadi kewenangan Dinas PMD," ujarnya.
Komisi 1 lanjut Uksam, juga ingin meminta klarifikasi dari dinas terkait sejauh mana pengetahuannya terkait pelaksanaan program tersebut. Pasalnya saat ini program internet desa menuai masalah.

" Saat ini program internet desa sudah dilidik jaksa. Kita ingin mendapatkan klarifikasi dari Dinas terkait sejauh pengawasan mereka dan kenapa program yang tidak menjadi usulan musyawarah, baik tingkat dusun maupun desa bisa tiba-tiba muncul dan masuk dalam APBDes," jelasnya.

Baca juga: Hadapi Persib Bandung, Pelatih Bali United Teco Gencar Siapkan Taktik Kuatkan Lini Serang ? Info

Diberitakan sebelumnya, Sebuah pengakuan mengejutkan terkait program internet desa dituturkan Kades Boentuka, Kecamatan Batu Putih, Apris Fuah. Apris mengatakan, pada 16 Desember Pemda TTS melalukan sosialisasi terkait program internet desa di aula mutis yang juga dihadiri pihak Telkom dan para kepala desa se-kabupaten TTS. Anehnya, pasca sosialisasi, para kepala desa langsung disodorkan dengan surat MoU dan surat perintah kerja (SPK) yang sudah dibuat pihak Telkom.

Dengan alasan agar barang (internet desa) segera turun para kepala desa harus segera menandatangani SPK tersebut.(din)

Baca juga: Resmi ! Kaesang Pangarep Jadi Dirut Persis Solo, Putra Erick Thohir Jabat Presiden Komisaris, Info

Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved