Breaking News:

Berita NTT Terkini

Wanita Burung Antar SMK di TTS Raih Prestasi Sendratari Tingkat Nasional

Adalah Wanita Burung (Bife Kolo - Bahasa Dawan) yang telah melejitkan nama SMK Kristen Fautmolo berprestasi di Tingkat nasional

Penulis: Ryan Nong | Editor: Kanis Jehola
POS-KUPANG.COM/RYAN NONG
Tim Sendratari dan pembina SMK Kristen Fautmolo TTS foto bersama Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan NTT Linus Lusi dan jajaran di kantor Dinas Pendidikan dan Kebudayaan NTT, Selasa (9/3/2021). 

POS-KUPANG.COM | KUPANG -- Adalah Wanita Burung (Bife Kolo - Bahasa Dawan) yang telah melejitkan nama SMK Kristen Fautmolo di Kecamatan Fautmolo Kabupaten Timor Tengah Selatan ( TTS) Provinsi NTT berprestasi di Tingkat nasional.

Tim sendratari yang terdiri dari 22 siswa sekolah itu berhasil menggondol juara 2 nasional dalam ajang Lomba Kamp Kreatif SMK Indonesia (KKSI) tahun 2020 yang digelar secara daring oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.

Anugerah juara itu dicapai melalui pementasan tari Bife Kolo, sebuah tari khas Timor.

Baca juga: Sopir Enggan Layani Penumpang Hingga Terminal Bello, Dishub Tempatkan Petugas

Wasti Tabun (18), anggota tim sendratari mengungkapkan, Bife Kolo mengangkat sisi feminisme dalam budaya Timor. Tari tersebut menceritakan seorang gadis cantik yang harus disihir menjadi wanita buruk rupa setelah ia dirampas kegadisannya oleh laki laki.

Pementasan tari Bife Kolo dilakukan di Kantor Bupati TTS di Kota Soe pada 28 November 2020 silam setelah berlatih sebulan lamanya.

Baca juga: Ratusan Pelayan Publik di Manggarai Diberi Vaksin Covid-19 Tahap II Hari ini

Atas prestasi itu, Wasti Tabun merasa bersyukur sekaligus gembira. Ia dan rekan-rekannya pada awalnya tidak menyangka akan menggondol penghargaan dan juara dalam ajang nasional itu.

"Saya bersama teman teman bangga. Walaupun kami dari pelosok, tapi bisa juara dua tingkat nasional," ucapnya kepada POS-KUPANG.COM, usai acara pertemuan dengan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan NTT Linus Lusi dan jajaran di kantor dinas pada Selasa (9/3) pagi.

Seolah mereka, kata siswa kelas III SMK Kristen Fautmolo, berjarak 3 jam dari Kota Soe, ibukota Kabupaten TTS.

Prestasi itu diapresiasi tinggi oleh Pemprov NTT melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan NTT Linus Lusi memberikan piagam penghargaan kepada tim dan sekolah pada Selasa (9/3) pagi. Didampingi Sekretaris Dinas, Sulistyo Ambarsari dan jajaran, Linus Lusi menerima tim sendratari sekolah yang dipimpin kepala sekolah, Nifron .K.A. Falo, S.Kom. Piagam diterima oleh Wasti Tabun (18) mewakili seluruh anggota tim.

Halaman
12
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved