Breaking News:

Irak Kerahkan Ribuan Personel Keamanan Lindungi Kunjungan Paus Fransiskus

Paus Fransiskus dijadwalkan berkunjung ke Irak, sebuah negara Timur Tengah yang sudah lama diwarnai konflik dan penindasan terhadap kaum Kristen

REUTERS/Thaier Al-Sudani
ILUSTRASI warga Irak menyambut kunjungan Paus Fransiskus, 5-8 Maret 2021 

Irak Kerahkan Ribuan Personel Keamanan Lindungi Kunjungan Paus Fransiskus

POS-KUPANG.COM, ROMA - Paus Fransiskus dijadwalkan berkunjung ke Irak, sebuah negara Timur Tengah yang sudah lama diwarnai konflik dan penindasan terhadap kaum Kristen, kelompok minoritas di negara tersebut, Jumat 5 Maret 2021.

Kunjungan Paus Fransiskus ini disambut dengan penuh antusias oleh pemerintah dan masyarakat setempat. Meski demikian, faktor keamanan masih menjadi kekhawatiran dalam kunjungan paus asal Argentina itu. 

Untuk mencegah hal itu, Irak mengerahkan ribuan personel keamanan tambahan untuk melindungi Paus Fransiskus selama kunjungan empat harinya, yang terjadi setelah serentetan serangan roket dan bom bunuh diri menimbulkan kekhawatiran akan keselamatan pemimpin Katolik itu.

Rencana keamanan mengatakan bahwa pasukan yang terlibat telah dilatih untuk menghadapi skenario terburuk, dari pertempuran jalanan hingga pemboman dan serangan roket.

Latihan skala besar termasuk ancaman hipotetis di antara persiapan kunjungan 5-8 Maret, yang pertama kali dilakukan oleh seorang paus ke Irak.

Selain kekhawatiran akan kekerasan, negara itu telah melihat lonjakan kasus COVID-19, yang semakin mempersulit persiapan.

Pria berusia 84 tahun itu akan mengunjungi empat kota, termasuk bekas kubu ISIS di Mosul, di mana gereja dan bangunan lain masih menanggung bekas konflik.

Paus Fransiskus juga akan mengunjungi Ur, tempat kelahiran Nabi Ibrahim yang dihormati oleh umat Kristen, Muslim dan Yahudi, dan bertemu dengan ulama Syiah Irak, Ayatollah Ali Al-Sistani yang berusia 90 tahun.

Pasukan khusus Kementerian Dalam Negeri dan tentara akan mengatur penjagaan keamanan di sekitar paus ke mana pun dia pergi, sementara angkatan udara akan mengoperasikan drone sepanjang waktu untuk memantau rute yang akan diambilnya.

Halaman
12
Editor: Agustinus Sape
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved