Breaking News:

Suap Pegawai Pajak

Dugaan Suap Pegawai Pajak Miliaran Rupiah, Sri Mulyani Ungkap Nasib Pegawai DJP yang Dibidik KPK

Dugaan Suap Pegawai Pajak Miliaran Rupiah, Sri Mulyani Ungkap Nasib Pegawai DJP yang Dibidik KPK

Editor: Hasyim Ashari
Setpres RI
Sri Mulyani Menkeu RI. Dugaan Suap Pegawai Pajak Miliaran Rupiah, Sri Mulyani Ungkap Nasib Pegawai DJP yang Dibidik KPK 

Dugaan Suap Pegawai Pajak Miliaran Rupiah, Sri Mulyani Ungkap Nasib Pegawai DJP yang Dibidik KPK

POS-KUPANG.COM - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengungkapkan, pegawai Direktorat Jenderal Pajak (Ditjen Pajak) yang terlibat dalam kasus suap telah dibebastugaskan dan mengundurkan diri dari jabatannya.

Sri Mulyani mengatakan, hal itu dilakukan untuk mempermudah proses penyidikan yang dilakukan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

"Terhadap pegawai DJP, yang oleh KPK diduga terlibat di dalam dugaan suap tersebut, telah dilakukan pembebasan tugas dari jabatannya agar mudahkan penyidikan oleh KPK," jelas Sri Mulyani dalam konferensi pers secara virtual, Rabu (3/3/2021).

"Dan yang bersangkutan telah mengundurkan diri dan sedang diproses dari sisi adminsitrasi ASN," ujar dia.

Seperti diketahui, saat ini KPK tengah melakukan penyidikan atas kasus suap yang melibatkan pegawai DJP.

Pihak KPK menyatakan, nilai suap mencapai puluhan miliar rupiah.

Suap dilakuan kepada pemeriksa pajak agar nilai pajaknya menjadi lebih rendah dari kewajiban.

Sri Mulyani mengatakan, pihaknya menghormati proses hukum yang saat ini sedang dilakukan KPK.

"Kami di kemenkeu, menghormati proses hukum, yang sedag dilakukan oleh KPK untuk dapat menuntaskan dugaan suap yang dilakukan oleh pegawai Direktorat Jenderal Pajak, dengan tetap memgang azas praduga tidak bersalah," ujar Sri Mulyani.

Untuk diketahui, penyidikan dugaan korupsi di lingkungan Ditjen Pajak sebelumnya diungkapkan oleh Wakil Ketua KPK Alexander Marwata di Gedung Merah Putih KPK, Selasa (2/3/2021).

"Kami sedang penyidikan betul, tetapi tersangkanya nanti dalam penyidikan itu kan mencari alat bukti untuk menetapkan tersangka. Ini yang sedang kami lakukan," ujar Alexander.

Dengan status penanganan perkara yang sudah masuk tahap penyidikan, KPK telah menetapkan tersangka dalam kasus tersebut.

Namun, Alex belum mengungkap pihak-pihak mana yang telah ditetapkan sebagai tersangka serta informasi detail terkait kasus itu.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Sri Mulyani Sebut Pegawai DJP yang Diduga Terlibat Kasus Suap Telah Dibebastugaskan", Klik untuk baca: https://money.kompas.com/read/2021/03/03/142615726/sri-mulyani-sebut-pegawai-djp-yang-diduga-terlibat-kasus-suap-telah

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved