Breaking News:

Jefri Bangga Terima Penghargaan Kota Toleran

Kota Kupang merupakan satu dari sepuluh kota toleran di Indonesia. Kota Kupang menempati peringkat ke-5

pk/yen
Walikota Kupang Jefri Riwu Kore 

POS-KUPANG.COM | KUPANG - Kota Kupang merupakan satu dari sepuluh kota toleran di Indonesia. Kota Kupang menempati peringkat ke-5 Indeks Kota Toleran (IKT) tahun 2020 dengan skor 6,067. Predikat Kota Kupang naik dua tingkat dibanding tahun 2018 yang meraih skor 5,857.

Atas prestasi tersebut, Wali Kota Kupang Jefri Riwu Kore menerima penghargaan IKT Award 2020 di Ballroom Hotel Ashley, Jl KH Wahid Hasyim, Jakarta, Kamis (25/2). Kegiatan ini diselenggarakan Setara Institute bekerjasama dengan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Sepuluh kota yang memperoleh skor tertinggi IKT 2020 secara berurutan, yaitu Salatiga, Singkawang, Manado, Tomohon, Kota Kupang, Surabaya, Ambon, Kediri, Sukabumi dan Bekasi.

Pangdam IX Udayana Pantau Pemasangan Pompa Hidran di Dusun Bomuzi-Ngada

Penyerahan penghargaan dihadri Direktur Setara Institute Ismail Hasani, Irjen Kemendagri Tumpak Haposan Simanjuntak, Deputi V Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Risma Agritina. Acara juga disiarkan secara virtual sehingga diikuti perwakilan dari daerah, termasuk Sekretaris Daerah Kota Kupang, Fahrensy P Funay dan Kabag Prokompim Setda Kota Kupang, Ernest S Ludji. Keduanya mengikuti dari Ruang Rapat Garuda Kantor Wali Kota Kupang.

Suasana Keluarga Khris Praing Nonton Pelantikan Secara Live Streaming

"Suatu kebanggaan luar biasa berada di sini bersama pemerintah daerah yang lain. Atas nama pemerintah dan masyarakat Kota Kupang, saya merasa bangga dan berterima kasih atas penghargaan ini, kami berhasil menjadi 5 terbaik dalam suatu penilaian dari Setara Institute," ucap Jefri.

Seperti kota-kota lain, lanjut Jefri, Kota Kupang memiliki semangat yang sama untuk bagaimana mengatur keberadaan keragaman. Pemkot Kupang senantiasa membuat terobosan-terobosan yang baru agar semua warga masyarakatnya dapat beribadah dengan baik.

"Sesuatu yang terbaru yang kami buat di Kota Kupang adalah bagaimana memastikan semua umat beragama dapat memiliki hak sama, yaitu beribadah dengan leluasa dan nyaman," ujarnya.

Jefri berharap penghargaan yang diterima ini dapat menjadi pemicu warga Kota Kupang untuk lebih meningkatkan toleransi dalam bermasyarakat dan mendukung pembangunan keimanan.

IKT merupakan studi indexing atas praktik dan promosi toleransi di seluruh kota di Indonesia. IKT bertujuan untuk mendorong praktik-praktik toleransi di kota dan memajukan inisiatif kota dalam membangun ruang inklusif bagi seluruh anasir kebinekaan di kota.

Melalui studi tersebut, Setara Institute menyimpulkan bahwa 10 kota memiliki skor indeks toleransi tertinggi dari 94 kota yang ada di Indonesia. Setara Institute, dengan dukungan Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) dan Direktorat Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum Kementerian Dalam Negeri, memberikan penghargaan kepada 10 besar kota dengan skor indeks toleransi tertinggi.

Halaman
12
Editor: Kanis Jehola
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved