Breaking News:

Terapkan Prokes, Kecamatan Nelle Kabupaten Sikka Gelar Musrenbang

Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Sikka Tahun 2022 Tingkat Kecamatan Nelle di Aula Kantor Camat Nelle

POS-KUPANG.COM/ISTIMEWA
Musrembang di Kecamatan Nelle 

Terapkan Prokes, Kecamatan Nelle Gelar Musrenbang

POS-KUPANG.COM | MAUMERE--Pemerintah Kecamatan Nelle melaksanakan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Sikka Tahun 2022 Tingkat Kecamatan Nelle di Aula Kantor Camat Nelle Senin (22/2/2021) pagi.

Kegiatan Musrenbang Kecamatan Nelle dihadiri oleh Camat Nelle, Tim dari Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan (Bapelitbang) Kabupaten Sikka, para Kepala Desa dan Badan Permusyawaratan Desa se-Kecamatan Nelle, Lintas Sektor Kecamatan Nelle, Tenaga Ahli dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Sikka, Pendamping Desa dan Pendamping Lokal Desa Kecamatan Nelle, Pendamping Program PKH serta para ASN Kantor Camat Nelle.

Camat Nelle, Nikolaus Emanuel dalam sambutannya mengatakan, pelaksanaan Musrenbang RKPD Tingkat Kecamatan Nelle kali ini sedikit berbeda dengan pelaksanaan Musrenbang tahun-tahun sebelumnya.

“Musrenbang kali ini kita hanya mengundang perwakilan Kepala Desa dan BPD dari 5 Desa, tidak lagi bersama tokoh masyarakat/adat, tokoh agama, tokoh pemuda dan para Kepala Sekolah. Hal ini sesuai dengan panduan Musrenbangcam yang dikeluarkan oleh Bapelitbang Sikka di mana pelaksanaan Musrenbang harus mengikuti protokoler kesehatan penanganan Covid-19,” kata Camat Nelle.

Camat Nelle juga meminta perhatian khusus bagi pembangunan di Kecamatan Nelle.

Tahun lalu dikarenakan adanya rasionalisasi anggaran akibat pandemi covid-19 maka dana PIK Kecamatan Nelle sebesar Rp 1,1 miliar tidak bisa direalisasikan sesuai usulan.

Tahun ini PIK tidak ada dan 1 kecamatan hanya bisa mengusulkan 1 kegiatan sehingga kami di Kecamatan Nelle sepakat untuk mengusulkan Pembangunan Puskesmas Nelle 2 lantai. Kemarin saat Pra Musrenbang kami sudah diskusi banyak dengan para stakeholder agar 1 usulan ini bisa untuk semua desa. Semoga bisa direalisasikan karena usulan ini dari tahun ke tahun diangkat namun belum terlaksana," ujar Camat Nelle.

Sementara itu, Renya Sabeweo, Kepala Bidang Infrastruktur dan Kewilayahan Bapelitbang Sikka yang hadir mewakili Kepala Bapelitbang mengatakan, Kecamatan Nelle diharapkan dapat menjadi contoh model pembangunan bagi kecamatan lain di Kabupaten Sikka serta usulan yang mau disampaikan  dapat memenuhi unsur sasaran pembangunan daerah dan program prioritas pembangunan daerah seperti yang telah disampaikan kepada para camat sebelumnya.

“Untuk Kecamatan Nelle tahun ini mendapatkan 3 kegiatan yang bersumber dari Pinjaman Daerah, yaitu Pembangunan Pagar dan Gerbang Puskesmas Nelle, Peningkatan Jaringan Air Bersih IKK Nelle dan Pembangunan Jalan Delang-Hokor sejauh 7 KM. Sementara belum ada data persebaran proyek sehingga belum bisa kita sampaikan program/kegiatan dari Perangkat Daerah bagi Kecamatan Nelle. Untuk Kecamatan Nelle mengusulkan Pembangunan Puskesmas Nelle sebagai prioritas utama dan Sekolah Lapangan Ternak serta bantuan ternak ayam petelur sebagai prioritas cadangan bagi 5 kelompok di 5 desa. Kami akan menyampaikan pada saat Forum OPD ke Dinas Pertanian agar usulan ini bisa diberi atensi khusus dalam hal pemulihan ekonomi masyarakat,” ujarnya.

Mayor Penerbang Nian Tanah Sikka Terbangkan Pesawat Kepresidenan Saat ke Sumba Tengah dan Sikka

Kapolda NTT Sambut Presiden RI bersama Rombongan di Kabupaten Sumba Barat Daya NTT

Musrenbang RKPD Kabupaten Sikka Tahun 2022 mengangkat tema “Pemantapan SDM Unggul, Peningkatan Kerjasama, Pemerataan Ekonomi, Pemberdayaan Masyarakat Kreatif, Penurunan Kemiskinan, Kesehatan dan Pemulihan Ekonomi”. Pelaksanaan Musrenbang kali ini di Kecamatan Nelle tidak melibatkan Perangkat Daerah dari Kabupaten sehingga tidak ada diskusi kelompok dan berlangsung hanya 2 jam.(Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Aris Ninu).

Penulis: Aris Ninu
Editor: Rosalina Woso
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved