Breaking News:

Renungan Harian Katolik

Renungan Harian Katolik, Selasa 23 Februari 2021: Doa Bapa Kami

Tuhan Yesus mengajarkan para murid untuk berdoa melalui tindakan doa itu sendiri. Apalagi bagi Yesus, doa adalah bagian integral bagi hidup-Nya

Dok Pribadi
RD Eman Kiik Mau 

Renungan Harian Katolik, Selasa 23 Februari 2021: Doa Bapa Kami (Mat 6:7-15)

Oleh: RD. Eman Kiik Mau

POS-KUPANG.COM - Tuhan Yesus mengajarkan para murid untuk berdoa melalui tindakan doa itu sendiri. Apalagi bagi Yesus, doa adalah bagian integral bagi hidup-Nya setiap hari.

Yesus mau menunjukkan bahwa doa adalah relasi personal dengan Bapa, yang adalah asal dan tujuan semua manusia. Relasi itu tampak dalam sapaan Bapa yang Yesus ajarkan kepada mereka semua.

Inilah untuk pertama kalinya dalam doa, Allah dipanggil dengan Bapa. Inilah kedekatan relasi yang Yesus tunjukkan kepada para murid, sebagaimana Yesus sendiri sangat dekat bahkan adalah satu dengan Bapa-Nya. Bagi Yesus, semua manusia adalah saudara-Nya, maka juga Bapanya sama.

Doa Bapa Kami adalah doa yang sempurna, karena semua unsur doa ada di dalamnya. Yesus ingin menghadirkan realita kerajaan surga di dunia ini. Hal ini berarti sebuah permohonan kepada Bapa agar kerajaan itu ada di dunia dalam bentuk keselamatan, kedamaian dan sukacita.

Sebenarnya, kerajaan itu sudah hadir dalam diri Yesus, Dialah damai dan keselamatan itu. Maka dengan berdoa itu, kita juga diharapkan untuk membuka mata untuk melihat kehadiran Yesus di tengah kita sebagai pembawa keselamatan dan damai Ilahi.

Setiap kali kita berdoa, khususnya dalam Doa Bapa Kami, kita disadarkan akan sebuah kerinduan untuk memulai hidup surgawi di dunia ini. Melalui doa itu, kita selalu diingatkan untuk menyadarkan sumber dan asal kita serta tujuan kita semua.

Tuhan Yesus, teguhkanlah hati kami untuk setia berdoa dengan hati yang tulus. Amin.*

Simak juga video renungan harian katolik berikut:

Editor: Agustinus Sape
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved