Breaking News:

Mantan Ketua KPK Kuliti Kabinet Indonesia Maju Sebut Pemerintahan Jokowi Persis Orde Baru: Otoriter!

Pernyataan Busyro Muqqodas itu menanggapi ungkapan Presiden Joko Widodo yang meminta masyarakat agar lebih aktif memberikan kritik terhadap pemerintah

Editor: Frans Krowin
POS-KUPANG.COM/ISTIMEWA
Presiden Jokowi saat kunjungan ke NTT  

Mantan Ketua KPK Kuliti Kabinet Indonesia Maju, Sebut Pemerintahan Jokowi Persis Orde Baru: Otoriter! 

POS-KUPANG.COM, JAKARTA -- Mantan Ketua KPK (Komisi Pemberantasan Korupsi) Busyro Muqqodas, melontarkan pernyataan yang mengejutkan terhadap pemerintahan Presiden Jokowi.

Busyro Muqqodas mengatakan, pemerintahan Jokowi saat ini tak bedanya dengan pemerintahan Soeharto di masa Orde Baru (Orba).

Pernyataan Busyro Muqqodas itu menanggapi ungkapan Presiden Joko Widodo yang meminta masyarakat agar lebih aktif memberikan kritik terhadap pemerintah.

Sebelumnya, mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla bertanya bagaimana caranya agar mengkritik pemerintah itu tak sampai berdampak pada pemberi kritik ditangkap oleh kepolisian.

Pertanyaan JK tersebut mengacu pada penangkapan sejumlah pihak oposisi yang dikenakan pasal UU ITE terkait beberapa tudingan.

Ketua Bidang Hukum dan HAM Pengurus Pusat Muhammadiyah, Busyro Muqqodas, menyebut rezim saat ini memiliki kemiripan dengan era Orde Baru.

Demikian kata Busyro saat jadi pembicara dalam diskusi Mimbar Bebas Represi yang disiarkan akun YouTube Yayasan LBH Indonesia, Sabtu (20/2/2021), dikutip dari Tribuntimur.com.

Ketua Bidang Hukum dan HAM Pengurus Pusat Muhammadiyah, Busyro Muqqodas
Ketua Bidang Hukum dan HAM Pengurus Pusat Muhammadiyah, Busyro Muqqodas (Warta Kota.com)

"Ada kesamaan situasi Orde Baru dengan sekarang ini. Sekarang orang menilai, termasuk saya juga, sudah bergerak kepada otoritarianisme," ucap Busyro dalam diskusi yang membahas soal permasalahan Undang-undang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE).

Dilansir wikipedia.com, otoritarianisme biasa disebut juga sebagai paham politik otoriter, yaitu bentuk pemerintahan yang bercirikan penekanan kekuasaan hanya pada negara atau pribadi tertentu, tanpa melihat derajat kebebasan individu.

Halaman
1234
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved