Breaking News:

Tersangka Penjualan Daging Rusa di Labuan Bajo Diancam 6 Tahun Penjara dan Denda Rp 100 Juta

Para tersangka penjualan 300 kg daging rusa di Labuan Bajo diancam 6 tahun penjara dan Denda Rp 100 Juta

POS-KUPANG.COM/Gecio Viana
Tim penyidik Balai Gakkum KLHK Wilayah Jawa, Bali dan Nusa Tenggara (Jabalnusra) saat mengamankan sejumlah barang bukti, Rabu (17/2/2021). 

Para tersangka penjualan 300 kg daging rusa di Labuan Bajo diancam 6 tahun penjara dan Denda Rp 100 Juta

POS-KUPANG.COM | LABUAN BAJO - IH (58) tersangka kasus penjualan sebanyak 300 kg daging rusa kering di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat (Mabar), dijerat dengan ancaman 6 tahun penjara dan denda 100 juta oleh penyidik Balai Gakkum KLHK Wilayah Jawa, Bali dan Nusa Tenggara ( Jabalnusra).

Tersangka IH diduga melanggar pasal 21 ayat (2) huruf "d" jo pasal 40 ayat (2) UU No. 5 tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistemnya.

BREAKING NEWS - Sosok Mayat Perempuan Tak Dikenal Ditemukan di Pantai Londa Empat

Tim penyidik telah merampungkan proses penyidikan dan dinyatakan lengkap (P21) oleh Jaksa Peneliti Kejaksaan Negeri Manggarai Barat.

Selanjutnya akan dilakukan proses tahap II penyerahan tersangka beserta barang bukti berupa 300 kg daging rusa kering, 1 unit mobil pikap type Daihatsu Warna hitam, 1 buah STNK plat DD 8411 EF, 1 buah handphone merek Nokia warna putih.

Penyerahan tersangka dan barang bukti ke kejaksaan negeri untuk dilakukan proses persidangan di Pengadilan Negeri Manggarai Barat.

Di Manggarai Timur Belum Ada ASF, 60 Sampel Darah Babi Dinyatakan Positif Hog Cholera

Selanjutnya tanggung jawab penyidik sudah diserahkan ke Kejaksaan untuk dilakukan proses persidangan.

Kepala Balai Gakkum KLHK Wilayah Jabalnusra Muhammad Nur mengatakan, penyidikan tersebut berawal saat diamankan perdagangan daging rusa antar pulau di pelabuhan ASDP Manggarai Barat, Senin 21 Desember 2020 lalu

Tim kemudian meringkus pelaku pengiriman daging yang dibungkus dalam 7 dos rokok gudang garam.

"Tim gabungan akhirnya menghubungi tim penyidik Pos Gakkum KLHK Labuan Bajo untuk dilakukan pemeriksaan dan penyelidikan," Muhammad Nur, Rabu (17/2/2021).

Dijelaskannya, setelah dilakukan pemeriksaan ditemukan daging Rusa yang dibungkus dalam dos rokok gudang garam sebanyak 7 dos dengan jumlah sekitar 300 kilogeram daging rusa yang akan dikirim ke Bima, NTB.

"Penyidik masih melakukan pengembangan terhadap penerima pesanan di Bima NTB yang saat ini sudah ditetapkan sebagai DPO," katanya. (Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Gecio Viana)

Penulis: Gecio Viana
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved