Breaking News:

Opini

Membangun Harapan, Menyuarakan Optimisme; Catatan Pekerja Media dari Pinggiran Indonesia

Berbagai tantangan ini membuat banyak media gulung tikar dan media yang masih bertahan terpaksa mengurangi karyawan.

Foto Pribadi
Steph Tupeng Witin 

Membangun Harapan, Menyuarakan Optimisme

(Catatan Pekerja Media dari Pinggiran Indonesia)

Oleh Steph Tupeng Witin

Penulis, Jurnalis, Perintis Oring Literasi Lembata

POS-KUPANG.COM - Judul tulisan sederhana ini penulis pinjam dari kata-kata Presiden Jokowi saat memotivasi para pekerja media di hari pers nasional beberapa waktu lalu. Suara dari Istana Negara ini bagai air segar yang menyirami jiwa para pekerja media yang dikurung berbagai tantangan di abad milenial ini.

Pandemi covid-19 menjadi kulminasi dari berbagai tantangan yang dihadapi media selain disrupsi digital yang menciptakan ekosistem media yang tidak seimbang, persaingan tidak sehat antara platform digital global dan media arus utama, eksistensi media sosial yang merebut perhatian pembaca media massa (tradisional) dan sebagainya.

Berbagai tantangan ini membuat banyak media gulung tikar dan media yang masih bertahan terpaksa mengurangi karyawan.

Presiden Jokowi mengajak segenap pekerja media melihat cahaya di ujung terowongan gelap pandemi dan sederet tantangan global media ini.

Cahaya di ujung terowongan gelap itu adalah harapan bahwa media arus utama tetap dipercaya menjadi referensi kebenaran informasi publik. Di tengah desakan bagi media untuk terus bertransformasi diri, Presiden Jokowi dan publik kritis tidak kehilangan harapannya bahwa media arus utama tetap menjadi basis pencerdasan kesadaran.

Harapan itu diperkuat oleh jajak pendapat Litbang Kompas pada 2-4 Februari 2021 yang menegaskan bahwa media arus utama masih menjadi acuan (Kompas 08/02/2021). Fakta rasional ini, sekali lagi, membangun harapan pekerja media agar berbenah diri dan membangun sinergi lintas batas dalam kolaborasi kreatif untuk menjaga kepercayaan publik demi membangun harapan.

Halaman
123
Editor: Agustinus Sape
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved