Breaking News:

Penanganan Covid

Vaksinasi Tahap Pertama Untuk Nakes di NTT Baru 29 Persen, Mandala : Kita Buat Percepatan

Pelaksanaan vaksinasi tahap pertama untuk tenaga kesehatan di NTT baru 29 persen, David Mandala: kita buat percepatan

POS-KUPANG.COM/RYAN NONG
Sekretaris Dinas Kesehatan NTT, David A Mandala 

Pelaksanaan vaksinasi tahap pertama untuk tenaga kesehatan di NTT baru 29 persen, David Mandala: kita buat percepatan

POS-KUPANG.COM | KUPANG -- Pelaksanaan vaksinasi tahap pertama bagi tenaga kesehatan ( nakes) baru mencapai 29 persen. Dari total 37.000 nakes yang terdaftar, baru 11.000 yang mendapat vaksin tahap pertama. Total 11.000 nakes tersebut tersebar di 19 kabupaten dan Kota Kupang, tidak termasuk Kabupaten Sabu Raijua dan Rote Ndao.

Angka total nakes tersebut telah diperbaharui Dinas Kesehatan NTT dari sebelumnya berkisar 33.000 nakes.

Anak Hanya Habiskan Waktu Bermain Gadget di Rumah

"Kita tahu bahwa tahap satu ini targetnya tenaga kesehatan, dan sasaran terbaru di update 37.000 nakes. Sampai tadi malam, posisi yang tervaksinasi 11.000 minus kabupaten Rote Ndao dan Sabu Raijua yang rencananya kick off hari ini (Senin, 8/2)," ujar Sekretaris Dinkes NTT, David A. Mandala.

Kondisi lambannya pelaksanaan vaksinasi tahap pertama itu, kini disiasati oleh Dinas Kesehatan Provinsi NTT dengan melakukan langkah percepatan.

Menteri Desa Ingatkan para Kades Terkait Pengelolaan Dana Desa

Langkah pertama, jelas Mandala, pihaknya menginstruksikan agar pelaksanaan pelayanan vaksinasi dilakukan selama sepekan penuh. "Kalau tadinya (pelaksanaan vaksinasi) hanya Senin sampai Jumat maka kita minta Sabtu dan Minggu pun dilayani," terangnya.

Langkah kedua, kata Mandala, proses registrasi dan verifikasi calon peserta vaksin dipermudah. Jika sebelumnya menggunakan SMS plas, maka kini calon peserta vaksin cukup mendaftar dengan menunjukkan KTP. "Lalu nakes yang bersangkutan pergi ke Faskes yang ditunjuk untuk didaftar kemudian divaksin," lanjut Mandala.

Untuk percepatan di Kabupaten/kota, kata dia, Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat dan Wagub Josef Nae Soi langsung menelepon para bupati dan Wali Kota Kupang untuk mendorong percepatan pelaksanaan vaksinasi tersebut. Selain itu, pihak dinas kesehatan provinsi juga secara ketat terus melakukan pemantauan.

"Bapak Gub dan Bapak Wagub langsung telepon bupati dan wali kota. Ini betul-betul tiap hari kita pantau perkembangan vaksinasi untuk menekan kecepatannya lebih maksimal," jelasnya.

Khusus untuk Kota Kupang, kata dia, seharusnya dengan fasilitas yang lengkap, percepatan pelaksanaan vaksinasi tidak menjadi kendala. Pasalnya, dari total 3.700 nakes yang menjadi sasaran, hingga Senin (8/2), baru 2.600 nakes yang mendapat vaksin.

Halaman
12
Penulis: Ryan Nong
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved