Breaking News:

Penanganan Covid

10 Pejabat Daerah Jadi Penerima Vaksin Covid-19 Pertama di Sumba Timur

Pemerintah Kabupaten Sumba Timur ( Pemkab Sumba Timur) mulai melakukan vaksinasi Covid-19 pada Jumat (5/2/2021)

Penulis: Oby Lewanmeru | Editor: Kanis Jehola
POS-KUPANG.COM/OBY LEWANMERU
Sekda Sumba Timur, Domu Warandoy,S.H,M. Si 

POS-KUPANG.COM | WAINGAPU -- Sesuai rencana, Pemerintah Kabupaten Sumba Timur ( Pemkab Sumba Timur) mulai melakukan vaksinasi Covid-19 pada Jumat (5/2/2021). Untuk penerima vaksin pertama ada 10 pejabat daerah.

Hal ini disampaikan Sekda Sumba Timur, Domu Warandoy,S.H, M. Si, Kamis (4/2/2021).

Menurut Domu, pelaksanaan vaksinasi Covid-19 akan diawali dengan launching dengan pemberian vaksin Covid-19 kepada 10 pejabat daerah esensial termasuk tokoh agama.

DBD di Ngada Makan Korban, Awal Tahun 2021 Ada 19 Kasus, Satu di Antaranya Meninggal Dunia

"Pelaksanaan vaksin Covid-19 untuk Sumba Timur akan dimulai pada Jumat (5/2/2021). Kegiatan perdana ini direncanakan berlangsung di Aula Setda Sumba Timur," kata Domu.

Dijelaskan, penerima perdana vaksin Covid-19 ini adalah pejabat daerah dengan tujuan agar memberi contoh kepada masyarakat terkait vaksin Covid-19.

182 Pasien di Sumba Timur Sembuh dari Covid- 19

"Pejabat daerah akan divaksin perdana atau penerima pertama vaksin. Ini agar masyarakat bisa melihat bahwa vaksin itu aman," katanya.

Dikatakan, untuk menerima vaksin ini tentu harus melalui pemeriksaan awal kesehatan calon penerima vaksin. Karena itu, harus dipastikan penerima vaksin tidak sedang mengalami atau menderita penyakit bawaan.

Terkait alokasi vaksin yang diterima, ia mengatakan, alokasi kebutuhan vaksin Covid-19 untuk Kabupaten Sumba Timur sebanyak 2.440 dosis. Kebutuhan itu diperuntukkan bagi tenaga kesehatan atau SDM tenaga kesehatan dan juga bagi beberapa pejabat daerah esensial yang menerima pertama vaksin Covid-19.

"Jadi alokasi kebutuhan vaksin untuk Sumba Timur 2.440 vial yang mana diprioritaskan bagi tenaga kesehatan dan juga untuk pejabat di daerah. Pejabat daerah akan divaksin lebih dahulu, kemudian selanjutnya baru bagi tenaga kesehatan," katanya.

Sedangkan jumlah tenaga kesehatan yang akan divaksin, sebanyak 1.192 orang.

Untuk diketahui, sesuai surat dari Kemenkes RI, Direktorat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit,maka rencana distribusi vaksin saat ini adalah tahap pertama termin pertama, yang mana untuk Provinsi NTT baru dua daerah, yakni Kota Kupang dan Kabupaten Kupang.

Sedangkan, untuk daerah lainnya termasuk Kabupaten Sumba Timur direncanakan baru didistribusikan pada akhir Januari 2021 ini. Karena itu vaksinasi baru akan dilaksanakan pada Februari 2021.

Catatan Redaksi:
Bersama-kita lawan virus corona. POS-KUPANG.COM mengajak seluruh pembaca untuk selalu menerapkan protokol kesehatan dalam setiap kegiatan.
Ingat pesan ibu, 3M: Wajib memakai masker;
Wajib menjaga jarak dan menghindari kerumunan; Wajib mencuci tangan dengan sabun. (Laporan Reporter POS - KUPANG.COM, Oby Lewanmeru)

Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved