Penanganan Covid

Pemkab Sumba Timur Siapkan Pejabat Daerah Penerima Pertama Vaksin Covid-19

Pemkab Sumba Timur tengah menyiapkan 10 pejabat daerah esensial atau forkopimda setempat sebagai penerima pertama Vaksin Covid-19

Penulis: Oby Lewanmeru | Editor: Kanis Jehola
POS-KUPANG.COM/OBY LEWANMERU
Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Sumba Timur,Tinus Ndjurumbaha,S.KM 

POS-KUPANG.COM | WAINGAPU -- Pemerintah Kabupaten Sumba Timur ( Pemkab Sumba Timur) tengah menyiapkan 10 pejabat daerah esensial atau forkopimda setempat sebagai penerima pertama Vaksin Covid-19.

Setelah para pejabat, maka selanjutnya vaksin ini diberikan tahap pertama bagi tenaga kesehatan (nakes).

Hal ini disampaikan Sekretaris Dinas Kesehatan Sumba Timur, Tinus Ndjurumbaha, S.KM, Selasa (2/2/2021).

Baca juga: Media Harus Mewartakan Informasi Berimbang dan Jangan Memprovokasi

Menurut Tinus, vaksin Covid-19 sudah tiba di Sumba Timur sejak Sabtu (30/1/2021) dan sudah diamankan di gudang farmasi Dinas Kesehatan Sumba Timur.

Pelaksanaan vaksin ini akan dilakukan dalam waktu dekat ini dan penerima pertama Vaksin Covid-19 adalah pejabat daerah.

"Kita sedang persiapkan 10 pejabat daerah termasuk di dalamnya adalah tokoh agama. Para pejabat ini akan divaksin pertama saat launching," kata Tinus.

Baca juga: RSUD Ende Pesan 100 Cartridge TCM Tunggu PCR Lama

Tinus mengatakan, persiapan sudah dilakukan baik tenaga di puskesmas dan vaksinator, termasuk simulasi pelaksanaan vaksin.

"Simulasi pelaksanaan vaksin juga sudah kita lakukan. Simulasi ini diikuti oleh tenaga vaksinator di lapangan," katanya.

Sedangkan soal sasaran vaksin, Tinus mengatakan, sasaran vaksin selain tenaga kesehatan, yakni masyarakat Sumba Timur dengan jumlah sasaran sebanyak 135.936 orang. Jumlah itu adalah masyarakat dengan kategori usia 18 - 59 tahun.

Ditanyai soal jumlah nakes yang akan menerima vaksin, ia mengatakan, sesuai data yang ada, nakes yang siap menerima vaksin sebanyak 1.191 orang.

"Nakes yang terdata untuk divaksin 1.191 orang. Sedangkan sasaran bagi masyarakat umum di Sumba Timur sebanyak 135.936 orang," ujarnya.

Informasi yang diperoleh, menyebutkan Pemkab Sumba Timur telah mengeluarkan surat kepada pejabat daerah sebagai calon penerima pertama vaksin Covid-19. Pejabat daerah itu, selain forkompimda, juga tokoh-tokoh agama.

Catatan Redaksi:
Bersama-kita lawan virus corona. POS-KUPANG.COM mengajak seluruh pembaca untuk selalu menerapkan protokol kesehatan dalam setiap kegiatan.
Ingat pesan ibu, 3M: Wajib memakai masker;
Wajib menjaga jarak dan menghindari kerumunan; Wajib mencuci tangan dengan sabun. (Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Oby Lewanmeru)

Sumber: Pos Kupang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved