Breaking News:

Kalangan Media Dilarang Memantau Pembukaan Kotak Suara oleh KPU Malaka

Kalanga Media Cetak, media online maupun elektronik dilarang untuk memantau pembukaan Kotak Suara yang disegel oleh KPU Malaka

Penulis: Edy Hayong
Editor: Kanis Jehola
POS-KUPANG.COM/Edy Hayong
Pembukaan kotak suara yang sudah disegel hasil KWK pilkada Malaka oleh KPU Malaka disaksikan para pihak seperti Bawaslu dan Kepolisian, Jumat (23/1/2021). 

POS-KUPANG.COM | BETUN--Kalanga Media Cetak, media online maupun elektronik dilarang untuk memantau pembukaan Kotak Suara yang disegel oleh KPU Malaka.

Kalangan media hanya diperenankan mengambil gambar pembukaan kotak suara secara simbolis oleh KPU disaksikan Bawaslu Malaka dan aparat kepolisian. Teknis pelaksanaan berupa pengambilan berkas C Hasil KWK untuk difoto copy sebagai bahan untuk dukungan persidangan tanggal 26 Januari di Mahkamah Konstitusi (MK) tidak melibatkan lagi kalangan media.

Baca juga: Poktan Pahtain di Desa Oefafi Lakukan Penanaman Hijauan Pakan Ternak

Pantauan Pos-Kupang di Sekretariat KPU Malaka, Jumat (22/1), setelah dilakukan dialog dengar pendapat komisioner bersama tim paslon bupati dan wakil bupati, SBS-WT, dilanjutkan dengan pembukaan kotak suara yang sudah disegel di gudang penyimpanan di KPU Malaka.

Saat itu, Ketua KPU Malaka, Makarius B Nahak didampingi anggota Yuven Bere juga anggota Bawaslu dan aparat Polres Malaka secara simbolis membuka salah satu kotak suara yang sudah disegel. Sementara di tempat yang samapun disediakan mesin foto copy sebanyak tiga unit untuk kegiatan foto copy berkas dokumen C Hasil KWK dan dua dokumen pendukung lainnya.

Baca juga: Waspada Penipuan! Perhatikan Baik-baik Link Pendaftaran Kartu Prakerja Tahun 2021 Berikut Ini

Sebelum proses pelaksanaan foto copy dokumen yang akan dipersiapkan KPU Malaka menghadapi sidang gugatan di MK, anggota Komisioner KPU Malaka, Yuven Bere menghampiri para wartawan menyampaikan untuk wartawan meninggalkan lokasi gudang penyimpanan kotak suara.

Sementara anggota Polres Malaka juga memeriksa semua mesin foto copy termasuk kertas yang disimpan dalam mesin dalam kondisi bersih. Semua peralatan yang disediakanpun diperiksa dengan teliti guna menghindari adanya hal-hal yang tidak diinginkan.

"Kami mohon teman-teman media untuk bisa meninggalkan lokasi kegiatan karena teknis pelaksanaan foto copy dokumen akan diawasi pihak Bawaslu Malaka dan Kepolisian Resor Malaka," kata Yuven. (Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Edy Hayong)

Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved