Breaking News:

Penanganan Covid

Dua Pasien Covid-19 di Belu Dievakuasi ke Surabaya Menggunakan Pesawat Charter

Dua Pasien Covid-19 di Kabupaten Belu terpaksa dievakuasi oleh pihak keluarganya menuju Surabaya menggunakan Pesawat Charter

POS-KUPANG.COM/TENI JENAHAS
Pesawat charter siap mengevakuasi dua pasien Covid-19 dari Belu menuju Surabaya, Kamis (21/1/2021). 

POS-KUPANG.COM| ATAMBUA - Dua Pasien Covid-19 di Kabupaten Belu terpaksa dievakuasi oleh pihak keluarganya menuju Surabaya menggunakan pesawat charter melalui Bandara A.A Bere Tallo, Haliwen, Atambua, Kamis (21/1/2020).

Dua pasien yang terkonfirmasi positif Covid-19 ini dibawa ke Surabaya oleh keluarga untuk mendapatkan pelayanan medis karena kondisi kesehatan tak kunjung membaik.

Informasi yang dihimpun Pos Kupang.Com, dua pasien Covid-19 tersebut adalah pengusaha toko di Pasar Baru dan Pasar Lama Atambua.

Sejak pekan lalu, salah satu pasien menjalani isolasi mandiri karena dinyatakan positif Covid-19. Karena keadaannya tak kunjung membaik, ia kembali melakukan tes Rabu (20/1/2021) dan kondisinya belum pulih malah gangguan pernapasannya semakin parah. Oleh karena alasan kesehatan, keluarga pasien memutuskan untuk membawa pasien ke Surabaya untuk mendapatkan pengobatan.

Sementara satu pasiennya selama ini dirawat di Ruang Isolasi RSUD Atambua. Masih dengan pertimbangan sama yaitu kondisi kesehatan belum membaik, pasien bersama keluarga memutuskan untuk lakukan pengobatam di Surabaya. Recananya, pasien tersebut akan dibawa ke RS Mitra keluarga Kenjeran, Surabaya, Jawa Timur.

Pasien yang dirawat di Ruang Isolasi RSUD Atambua itu dizinkan dokter untuk dirujuk dan saat itu pasien dibawa ke Bandara A. A. Bere Tallo menggunakan mobil Ambulance RSUD Atambua. Sedangkan satu pasien yang melakukan isolasi mendiri datang ke Bandara menggunakan kendaraan pribadi.
Kedua pasien tersebut men-carter pesawat melalui perusahaan evakuasi One Care dengan biaya sendiri.

Kepala Bandara A.A Bere Tallo, Andre Pelo Killa saat dikonfirmasi membenarkan hal tersebut. Katanya, pesawat charter landing di Bandara A.A Bere Tallo Atambua pukul 08.24 Wita untuk mengangkut pasien Covid-19 menuju Surabaya. Pesawat take off pukul 10.25 Wita.

"Iya, pesawat carter bawa pasien Covid 19 dari Atambua menuju Surabaya. Pesawat landing jam 8.24 Wita, take off jam 10.25 Wita", kata Andre.

Terpisah, Direktur RSUD Mgr. Gabriel Manek, SVD, dr.Batsheba Elena Corputty, MARS saat dikonfirmasi Pos Kupang.Com membenarkan ada satu pasien Covid-19 yang dirawat di RSUD Atambau meminta sendiri dirujuk ke Surabaya.

Kata dr. Elena, pasien tersebut dalam kondisi stabil dan dokter mengizinkan pasien dirujuk. 

"Iya pasien minta sendiri dirujuk. Pasien dalam kondisi stabil, dokter mengijinkan dan mereka dijemput pesawat yang disewa", kata dr. Elena.

Catatan Redaksi:
Bersama-kita lawan virus corona. POS-KUPANG.COM mengajak seluruh pembaca untuk selalu menerapkan protokol kesehatan dalam setiap kegiatan.
Ingat pesan ibu, 3M: Wajib memakai masker;
Wajib menjaga jarak dan menghindari kerumunan; Wajib mencuci tangan dengan sabun. (Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Teni Jenahas)

Penulis: Teni Jenahas
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved