Bukan Karena LGBT, Ini Alasan Imigrasi Deportasi Kristen Gray dari Bali, Cek Kronologi Lengkapnya

Bukan Karena LGBT, Ini Alasan Imigrasi Deportasi Kristen Gray dari Bali, Cek Kronologi Lengkapnya

Editor: Adiana Ahmad
Kompas.com/Imam Rosidin
Kristen Gray dan pasangan wanitanya dideportasi 

Viralnya cuitan Gray tersebut kemudian berujung ia dipanggil pihak Kantor Imigrasi Denpasar untuk menjalani pemeriksaan.

Dari hasil pemeriksaan, diketahui Gray datang ke Bali menggunakan visa kunjungan B211 yang hanya digunakan untuk berlibur.

“Visanya itu kunjungan B211, itu sponsor perorangan."

"Sebenarnya itu hanya untuk berlibur di Indonesia,” kata Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kanwil Kemenkumham) Wilayah Bali, Jamaruli Manihuruk, dalam konferensi pers virtual di Kantor Imigrasi Kelas I TPI Denpasar, Selasa (19/1/2021), dikutip Tribunnews dari Kompas.com.

Diketahui, Gray dan kekasihnya tiba di Bali pada 21 Januari 2020 menggunakan Visa Kunjungan Satu Kali Perjalanan (B211A).

Setelah berbulan-bulan berada di Bali, keduanya memperpanjang Izin Tinggal di Kantor Imigrasi Kelas I TPI Denpasar pada 22 Desember 2020.

Perpanjangan itu berlaku sampai 24 Januari 2021 mendatang.

Berdasarkan masa berlaku visa, Gray dan kekasihnya dipastikan tidak melanggar karena telah melakukan perpanjangan.

Namun, Gray dinilai telah melakukan penyalahgunaan visa B211A.

Visa B211A hanya bisa digunakan untuk kegiatan wisata, keluarga, sosial, seni dan budaya, tugas pemerintahan, olahraga tidak bersifat komersial, serta studi banding, kursus singkat, dan pelatihan singkat.

Lalu, melakukan pembicaraan bisnis, melakukan barang, memberikan ceramah atau mengikuti seminar, mengikuti pameran internasional, mengikuti rapat yang diadakan dengan kantor pusat atau perwakilan di Indonesia, meneruskan perjalanan ke negara lain, dan bergabung dengan alat angkut yang berada di wilayah Indonesia.

Sementara itu, Gray telah menyalahgunakan visa B211A miliknya untuk berbisnis.

Karena seperti yang telah diketahui, Gray menjual e-book seharga 30 dolar Amerika.

Cuitan <a href='https://kupang.tribunnews.com/tag/kristen-gray' title='Kristen Gray'>Kristen Gray</a> yang melampirkan e-book buatannya.

Halaman
123
Sumber: Tribunnews
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved