Penanganan Covid

Mencegah Penyebaran Covid-19 BPBD Kabupaten Sumba Timur Pasang 30 Tempat Mencuci Tangan

Pemerintah Kabupaten Sumba Timur melalui BPBD setempat mamasang 30 tempat mencuci tangan atau sarana mencuci tangan

Penulis: Oby Lewanmeru | Editor: Kanis Jehola
POS-KUPANG.COM/Oby Lewanmeru
Tempat cuci tangan yang telah disediakan di Taman Kota Waingapu, Sumba Timur, Senin (18/1/2021). Nampak warga sedang memanfaatkannya 

POS-KUPANG.COM | WAINGAPU - Pemerintah Kabupaten Sumba Timur melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah ( BPBD) setempat mamasang 30 tempat mencuci tangan atau sarana mencuci tangan.

Tempat mencuci tangan itu ditempatkan di sejumlah perangkat daerah yang banyak berurusan dengan pelayanan masyarakat dan juga di dua taman dalam Kota Waingapu.

Pantauan POS-KUPANG.COM, Senin (18/1/2021), pemasangan tempat cuci tangan ini dilakukan di dua taman dalam Kota Waingapu, yakni Taman Kota Waingapu dan Taman Sandalwood.

Baca juga: Di Kabupaten Sumba Timur Kasus Positif Covid-19 Tembus Angka 200

Setiap taman dipasang dua tandon berukuran 550 liter. Sementara di beberapa perangkat daerah seperti di Dinas Pendidikan, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil dan Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD) , masing-masing ditempatkan satu sarana cuci tangan.

Kepalan Pelaksana BPBD Kabupaten Sumba Timur, Ir. Mikail Jaka Laki yang dikonfirmasi mengatakan, pihaknya telah memasang 30 sarana atau tempat cuci tangan bagi masyarakat di Kota Waingapu.

Menurut Mikail, tempat cuci tangan ini merupakan salah satu protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Baca juga: Kabupaten Manggarai Mendapat Jatah 4.320 Dosis Vaksin Covid-19

"Kita tempatkan sarana cuci tangan ini khusus di area publik yang sering ada keramaian seperti di Taman Sandalwood dan Taman Kota Waingapu. Selain itu, ada beberapa kantor pemerintahan yang juga kami tempatkan sarana cuci tangan," kata Mikail.

Dijelaskan, khusus untuk kantor pemerintahan, pihaknya menempatkan sarana cuci tangan di kantor yang banyak berurusan langsung atau didatangi oleh masyarakat.

Dikatakan, pemasangan tempat cuci tangan itu, sebagai salah satu langkah yang bisa memutuskan mata rantai penyebaran Covid-19.

"Kami berharap, masyarakat bisa memanfaatkan tempat cuci tangan itu saat berada di lokasi setempat. Ini upaya kita bersama untuk putuskan mata rantai penyebaran Covid-19, selain itu pakai masker dan menjaga jarak," katanya.

Sebelumnya juga, di kompleks Pasar Matawai telah tersedia dua unit tempat cuci tangan.

Catatan Redaksi:
Bersama-kita lawan virus corona. POS-KUPANG.COM mengajak seluruh pembaca untuk selalu menerapkan protokol kesehatan dalam setiap kegiatan.
Ingat pesan ibu, 3M: Wajib memakai masker;
Wajib menjaga jarak dan menghindari kerumunan; Wajib mencuci tangan dengan sabun. (Laporan Reporter POS -KUPANG.COM, Oby Lewanmeru)

Sumber: Pos Kupang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved