Tiga Kantor Pemerintahan di Sumba Timur Terdapat Kasus Covid-19

Tiga kantor pemerintahan atau perangkat daerah di Kabupaten Sumba Timur sudah terdapat kasus positif Covid-19

Penulis: Oby Lewanmeru | Editor: Kanis Jehola
POS-KUPANG.COM/Oby Lewanmeru
Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Sumba Timur sedang melakukan penyemprotan disinfektan di Kantor Dinas Kesehatan setempat, Senin (11/1/2021) 

POS-KUPANG.COM | WAINGAPU -- Tiga kantor pemerintahan atau perangkat daerah di Kabupaten Sumba Timur sudah terdapat kasus positif Covid-19. Tiga kantor ini adalah Bappeda, Dinas Pendidikan dan Dinas Kesehatan.

Hal ini disampaikan Sekda Sumba Timur, Domu Warandoy, S.H, M.Si , Selasa (12/1/2021).

Domu dikonfirmasi mengenai klaster perkantoran saat ini yang cukup mengkuatirkan.

Menurut Domu, untuk di Sumba Timur ada tiga kantor yang sempat terdapat kasus Covid-19. Ketiga kantor itu, masing-masing Bappeda, Dinas Pendidikan dan Dinas Kesehatan.

Baca juga: Wagub Josef Positif Corona NTT 2.626 Kasus Covid

"Tiga perangkat daerah ini sempat terjadi kasus, yang mana ada ASN yang terkonfirmasi positif Covid-19. Setelah ada kasus itu, lingkungan kantor di tiga perangkat daerah itu langsung disemprot disinfektan," kata Domu.

Ditanyai, apakah tiga OPD itu ditutup dan ASN diberlakukan Work From Home (WFH), Domu menjelaskan, setelah ada ASN yang terkonfirmasi positif Covid-19, maka semua yang pernah kontak erat juga langsung melakukan isolasi mandiri.

Baca juga: Petugas Kelelahan Manajemen RSUD SK Lerik Tutup IRD

"Jadi mereka yang kontak langsung dengan pasien positif Covid-19 itu langsung kita minta isolasi mandiri. Sementara, aktivitas pelayanan di perangkat daerah tersebut tetap berjalan dengan disiplin protokol kesehatan ketat," jelasnya.

Dia mengakui, perangkat daerah yang terakhir diketahui ada kasus positif, yakni Dinas Kesehatan sebanyak dua ASN.

"Jadi tindakan yang ditempuh, pertama bahwa pasien positif Covid-19 itu langsung diisolasi, sementara yang kontak erat juga langsung diperiksa serta diminta lakukan karantina mandiri," ujarnya.

Selain itu, lanjutnya, untuk memutuskan mata rantai penyebaran Covid-19 di lingkungan tersebut, maka Satgas Penanganan Covid-19 melalui BPBD Kabupaten Sumba Timur melakukan penyemprotan disinfektan. (Laporan Reporter POS KUPANG.COM, Oby Lewanmeru)

Sumber: Pos Kupang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved